Posted by: choidebu | June 14, 2008

Bersihkan Komputer Dari Barang2 Ilegal – Kompas *extra soal notebook

kompas.com – laptop penumpang diperiksa di bandara soekarno-hatta

baru denger ni berita dari ellen, g cek lgsg. buat semua hati2 ya. ditunggu rainichi hi kalian hohohoho. btw dr beritanya hdd portabel n cd gak akan diperiksa,cuma perangkat lunak yang telah diinstalasi saja.

oy kapan tu ada yg nanya kan mending beli laptop sini laptop sana:

pertimbangannya:

beli di indo :
– garansi gak akan berlaku sampai disini. support juga soalnya brand keluarin tipe berbeda di tiap negara. meski g blg sama2 aja jeroannya, tp bgtlah cara kerjanya.

– ada beberapa hdd eksternal disini yg tulisannya “hanya untuk os berbahasa jepang” tp gak yakin jg kalo gak bisa diakalin. huahua.

– di indo tempat jual laptop yg lengkap n kita bisa coba2 dikit, ky senci gt tp kan jg cm merek gede.

– colokan indo. pke converter krg joubu aja keliatannya. vaio comes with 4 colokan seh gak masalah :p bodohnya g lupa bawa.

– nambah beban pas berangkat.

+ pas nyampe langsung bisa inet hr itu juga (KUUENCENG)

beli di jepang :
– keyboard layout jepang. ria beli sony minta ganti keyboard layout us, kena 500 rb. bedanya ada tombol koukan hiragana katakana yg bikin spacebar jd kecil, ada tombol @ khusus, penempatan hyphen ama plus yang beda, ama jelas ada hiragana di keyboardnya.

– pengguna komputer sini rata rata end user sehingga most of the laptops came with OS and Office 2007. dan office menambahkan harga jual 20rb yen.

– feeling g rada mahalan di jepang drpd di indo. entah ini karena nilai tukar kita atau politik keuangannya emang begt, sy gak tahu. laptop g disini yg mirip2 speknya mahalan 500rb-1 jt

+ yodobashi camera, bic camera, sofmap, akihabara electric city dsb. stoknya lengkap, enak buat yg gak tau mo beli apa, jd bisa coba2 dulu. (refer to my guide below on choosing laptop)

– beli laptop keputusan susah, jadi bakal banyak mikir. ni anak 2 dah bolak balik toko 3-4 x buat liat harga ma coba2 doang. ikura koutsuuhi ga kakatta kotoka kangaeru koto ga nai mitai…

+/- accesories laptop mahal disini. mouse 200rban, usb hub 200rban. yg laennya si sama2 aja keknya. tas gak cek. nah tp enaknya, beli laptop di toko yg satu, trus minta kartu member, dapet poin. poinnya bisa dipake beli accesories. bisa 10-18% dari harga laptopnya, kan lumayan.

My Guide on Choosing Laptop:
———————————————

cuma 2 hal:
1. layar
2. keyboard

…….
……….
lah? spek?

bener, 2 hal itu paling penting. kenapa:

1. layar
>>layar gak bisa u ganti. padahal itu yang tiap hr u liat. kalo yg suka outdoor jgn cr yg glare, cr yg kontras warnanya. yg suka indoor cr yg bright, angle viewing juga cek. kehalusan pixel itu cuma bisa diliat langsung, jadi pastikan dolo. warna washout jg jangan, terlalu kontras jg jangan. cek dolo level brightness bisa seberapa aja. sisanya sesukanya.

>>oya, ttg aspect ratio ada 3 yang standar jaman jebot 4:3, itu standar TV jadi paling ideal buat video vcd n ntn streaming dr tv. biar udah ampir gak ada yang aspek gini kecuali laptop riki. 3:2 standar laptop sekarang, itu standar photography. juga paling cocok buat web development, soalnya lcd jaman sekarang 3:2 semua, dan rata2 masi enak dilihat situsnya klo pake lcd gini. gak jelas jg si. 16.9. standar HD. high def video dll. buat media masa depan n yang suka taskbarnya clutteran, enak soalnya banyak space ke horizontal.

2. keyboard.
>>banyak orang ngetawain g kenapa g blg keyboard penting, gk mending spek dipusingin gt katanya. alasannya sama, u gk bisa ganti keyboard, segimana enegnya. keyboard yang gak enak bikin tangan cape, kesel, ampe bahu jg ikutan cape. di desktop u bisa katteni kirikae, tp laptop? jadi pastikan dolo cocok ama u. ini murni per-user preferences.

>>besar key. sesuain ama ukuran jari n ketajamannya (@_@) dites lari2 gak kalo ngetik, kena2 sebelah gk kalo ngetik. yg jarinya kecil nyampe semua gak tanpa hrs pindah palmrest.

>>feel saat nekan key. ada yg suka hardcore, ada yg suka fuwa fuwa gt. ada yg suka keluar suara, ada yg suka diem2 aja asal mendesah. bentuk cupnya juga ngaruh. LHO? yah ngerti lah kesukaan sendiri. g plg gak suka liat waktu neken key yg sekitarnya ikut turun. u kira emang brazilian wave.

>>jarak antar key modifier ama yg laen. ni terutama buat shortcut, symbol dll. liat jarak ctr-alt-del, shift ama fn juga sangat penting. shift ama nomor2 di atas, fn ama key yg bersangkutannya. enter ada yang kecil gede serah masing2.

>>palmrest. kekecilan tar kalo yg tangannya gede meleset ke pinggir laptop, gk enak banget. kegedean dikira panggangan entar. kejauhan jadinya. dan bagian palm rest bisa jadi cepet kotor, jadi pikirkan bahan sekitar itu. makanya g ambil item biar gk keliatan ^^. tp kemaren liat gateway pake aluminium bagian interiornya jd pengennn.

>>touchpad. g masukin sini aja y. touch pad yang enak itu yg agak kasar, entah bahan atau kontur, soalnya ada yg rem jari kita jadi kursor gak lari2. gedenya touchpad jg bervariasi. tombol klik jg dicek cari yg feelingnya joubu.

sisanya baru model>berat>spek>ketahanan batre>noise>jumlah port usb, semua dalam tingkat prioritas itu. (uh baru dapet kotoba buat prioritas: yuu sen jun i [yuu-sugureru, sen-saki, jun-junban, i-chi i]). model orangperorang, berat 2 kg itu kategori ringan, diatas 4 kg mending beli barbel drpd laptop. spek hare gn yg ideal mem 2G, wifi, kamera core2duo, vga integrated intel gma x3100 itu bagus kok. yg mau batre tahan lama beli celeron, ato yg kanemochi silahkan intel ulv (proc serinya Uxxx, bukan yang Txxx). saiteigen nya 2 jam lah, buat dvd satu (T_T laptop g giri2). noise untung2an, cek di toko pun kan luaran ribut ya gk ngaruh. jumlah usb 4 minimal, 3 kek g ini keselnya minta ampun, sementara hub mahal.

buat yang kebutuhan spesial kaya iwan mo dengan serial paralel dan sebagainya, mending cari di jepang, sekalian hunting maid cafe di akiba. ko agus dapet cm 3 jt. tecra lama. (eh, gak tau seh lupa brandnya).

buat yang budget terbatas disini jg tersebar luas laptop second dgn kualitas bagus dan garansi yg masih ada, dengan harga yang menggiurkan (set dah ky ten in)

ijou dechuu..


Responses

  1. wah siap2 uninstall semua software deh… :p setup nya titip di hdd 1TB iwan… :p

  2. oh iya, ria, ganti keyboard ke US, OS windows nya ganti juga ga?

  3. http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/06/tgl/06/time/060339/idnews/951364/idkanal/10
    http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/06/11462740/bandara.tidak.transparan.soal.pemeriksaan.laptop

    katanya HOAX tuh pemeriksaan laptop…

  4. wah, van, lo mau titip barang tak? kalo mau disiapin aja. jadi bisa dibawain, hehehhe.

    @leo: iwan beli hdd 1tb? merk apa ? tipe apa?

  5. WDC… USB only! no firewire yah! :p

  6. ga usah bawa barang HARAM!! download aja ntar di ryou masing2 hehehehe

  7. I have been browsing online more than 2 hours today, yet I
    never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me.
    Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than
    ever before.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: