Posted by: rialam | July 9, 2008

mutual understanding

guys.. there’s something i’d like to write here today, regarding my last chat with iwan, leo & evan. kemaren sempet ngobrol ttg fct lg & pikiran kedepannya. trus pembicaraan sempet memanas & gw sempet emosi.. n truthfully, skrg pun, (pagi berikutnya) gw masih emosi. so i’m going to say it here. gw kepikiran mo ngirim surat ke org2 yg chatting bareng gw kemaren, tp gw pikir ini jg ada hubungannya sama semua org, so let me bristle and fume here..

to cut it short, kemaren seperti biasa kita ngobrolin lg gmn jadinya kalo kali ini pun ga lulus & di extend 2 bln. sebenernya seh percakapannya seperti biasa aja, tp berhubung gw emang lagi emosi.. dalam percakapan itu (ditambah omongan2 sebelomnya), ada bbrp perkataan yang really offended me.

first of all, i want to make this clear. buat yg uda mikir2 mo cabut, ga ada salahnya kalian mikir gitu, n gw jg ga bener2 against it. kalo emang tekadnya uda gt ya udah. gw jg ga mo komentar apa2. yg uda bertekad pasti pegi ke jepang juga, all i can say, gw salut, stay strong. n buat yang bener2 masih bingung, itu juga maklum, sebisa mungkin gw jawab inquiries kalian mengenai jepang n fct, n hopefully it can help with your decision making.

(mulai dari sini kasar, maaf. please note that i’m emotinal right now and that i’m not directing this to everyone, nor anyone in particular)

tp buat yg cuman mo state to the world bahwa kalian bingung, it’s a hard choice, fct warui, diluar bnyk chance, etc etc.. those who yack away and refuse to really think.. to listen to what others have to say and instead cari alesan ini itu about how someone else’s case is different, that his case is oh so special.. sori, gw cuman bisa bilang gw ngerasa itu cuman sekedar cari sensasi.

kalian giat belajar gw tau. you guys had given your best, gw jg ngerti. kalian pusing, stress, takut, gw ngerti semua. so JANGAN PERNAH BILANG GW BEDA & GW GA NGERTI KARENA GW JALAN DULUAN. what the hell does that mean?! gw ga pernah training bareng kalian? gw ga pernah stress gara2 test/kaiwa? gw ga pernah dilanda kebingungan seperti kalian? you guys complained, saying that you’re wasting time when you could have gotten a good job. waktu masuk get program uda dipikir mateng2 blom? you should at least knew that there’s certain risks involved in joining. kalian ga kenal fct sebelom msk get program kan? trus emangnya kalian dengan gampangnya percaya company ga dikenal, masuk gt aja trus expect everything to go smoothly? naive.. kalian uda tau trainingnya 1 taon & batch 1 aja ada yg di extend, what makes you think batch 2 ga bakal di extend? let’s say you don’t know all these before.. you’ve made a mistake by joining, so quit. get over it. done. jangan iiwake, bilang hal ini ga se-simple itu.. what’s so not simple about it? you want it you get it, don’t want it, let go. waktu yg uda kebuang? forget it, emang bisa balik? kalo emang it’s a waste of time, don’t continue wasting it. if you think it’s worth fighting, fight till you get it, ga peduli hasilnya gmn & selama apa, kalo itu emang uda tekad loe. it’s THAT SIMPLE. forget the details. banyak yg bandingin antara a new potential job sama continuing with the training. it’s normal to be confused, but seek advice, LISTEN, do some self-reflect, make your decision. skrg blom dapet kerjaannya aja uda berkoar sana sini.. ga mikirin yg sebelom msk training uda pada kerja? mrk uda gutaitekini punya sesuatu yg dipegang lho. it might not exactly be a dreamjob, but it brings in money. know the difference of losing something you already have and losing something you might/might not get? get a clue. it’s a tough choice, but in the end, it’s YOURS. stop with the dilly-dallying. cut the crap. you want to complain, go ahead. after that, stick with your decision. don’t DWELL for pete’s sake.

satu lagi.. AMAI SEIKATSU. … … … … … cb kesinid, yatte goran. kalo orang ga complain emang artinya everything is fine? japan is no dreamland, get that stupid idea out of your brain. kalo kita ga pernah bener2 complain ttg hal2 yg berat bukan berarti disini fine2 aja. kalo kita cuman ngomongin hal2 yg bagus ttg jepang, itu juga diomongin dengan harapan bisa menjadi insentif utk kalian yg mau ke jepang. try spending your first day here in a foreign land alone, knowing that the only ppl you know are 3 hours away from you and you have no way of getting there nor contacting them. i had to walk for about an hour, and with my half-baked japanese, muster my courage to enter 3 convenience stores to finally be able to buy a frigging int’l phone card. try calling your home when you’re that lonely and hold back your tears while you hear their voice. and try calling your friends to find that the line just wouldn’t connect. try eating dinner alone on your first day in japan. try spending the entire month envying your 2 friends who live in the same apartment, with seniors around to guide them, they get to do everything together, solve everything together, while you had to depend on yourself. no big deal for you? it’s a big deal for me. ever heard me complaining excessively over it?

i know what it meant to be living and working in a foreign land. it doesn’t make it any easier, but i acknowledge it and i deal with it. stop with the superior one-sided thinking, don’t look down on me and don’t assume you understood everything. japan’s no better than indonesia. you wanna hear me complain? i’ve got frigging lots of’em.

that’s it. flame me all you want, get angry at me. just DON’T try to joke your way around this, i’d rather you not reply.

buat yg ga berhubungan sm post ini, i’m sorry i yelled at you. i just had to get this all out. a month’s worth of pent up stress maybe. but for all it’s worth, i would’nt be this worked up if i didn’t care. with all that said, i’m still hoping you guys’ll be here.

peace.


Responses

  1. wakakaka…
    tenang2, emang begitulah.

    dulu aku jg pengen quit, pengen kerja diindo aja.
    tapi nasib memanggilku laen.
    biar berangkat belakangan ga masalah kog.

    trus mau bilang idup dijepang enak…hummm
    selama masih dibumi bukan disurga, pasti ga ada enaknya.
    tapi apa lebih OK dari Indo…itu jg belom tentu,
    walaupun mungkin pny banyak duit tapi yg namanya happiness ga bakal bisa kebeli dgn uang.

    trus apa aku nyesel?
    apus jauh2 d kata menyesal, soalnya yang dibelakang ngga bakal bisa balik lg kog, sama seperti kata ria.
    ada juga gimana buat ke depan.

    waktu anak batch 3 ada yg ngirim2 email nanya gmn prospek masuk fct, jawaban aku cm satu :
    kalo emang niat n punya motivasi buat bertahan selama 1 thn pasti semuanya bisa lewat, tapi kalo cuma sekedar iseng ato ada rasa ngga yakin, mending ngga usah dicoba sama sekali & kasih aja kesempatan buat org lain.

  2. Oy, satu lg….
    bukan maksud aku biar kalian tu trus mundur ato gimana.
    Tapi justru ini baru namanya tantangan, masa sih kita kalah ama mereka.
    mgkn skrg mereka yg neken kita, tapi tunjukin juga kalo org Indo tu ga pantang nyerah, lebih smart, punya manner, rasa tanggung jawab & tau membalas budi.
    Ini juga buat seterusnya supaya mereka ga mandang rendah kita.
    Plus ngga ngilangin kesempatan buat generasi berikut(cieehhh….)

    soal masalah jeleknya disini mgkn ga usah diumbar d,
    kebanyakan ngmg yang jeleknya aku yakin pada bakal minta berenti semua hahaha
    tapi bukan menjerumuskan loh, cuman menantang kalian mampu apa engga buat struggle disini…
    lagian kalian kan udah banyak tu dapet kisi2-nya(kek ujian aja^^)…..

  3. ampun ya… kanben shite kure…..🙂

  4. ^
    |
    |
    —–kick pls

  5. PROCESSING REQUEST:…….

    [KICK] WILL BE EXECUTED IN 12 HOUR.
    LOCATION:711A

    POSSIBLE REASON FOR DELAY:”GA BISA DI INET NIH, VAN. m(_ _)m”

  6. ria HOT! hehehehehe

  7. nyahahaha… dah kebayang lah muka ria kaya gimana pas posting ini. She’s hot isn’t she bang edwin. Pa lagi klo taro dimasak, maklum lah bakso… *kena timpuk raket ma ria*

  8. udah jinak lom?

  9. udah tu keknya^^….

    ria minggu ini kudu tampil beda + dandan yaaa…..
    Klo engga, ntar aku yg turun tangan….

    Temen2 yg diindo tungguin debutnya si Ria minggu ini….^^

  10. Tante otot, mulai hari ini 16 Juli 2008 Anda menjadi anggota kehormatan dari organisasi GPRI(Gerakan Peduli Ria Internasional).
    Hal hal mengenai pemindahan kekuasaan dan lain2 akan diselenggarakan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya.

    Jakarta 16 July 2008,

    atas nama GPRI
    Iwan Budi Sutanto

    GPRI ni tsuite bisa ditanyakan pada Evan dan Tawil🙂

    Thanks

  11. apa lagee ini??!

    gw br ilang seminggu aja uda ada info2 ga penting lagi lg yg dibeberin..

  12. ria, jgn sokkenai dunk. ini kan ai no katachi. ai wo komete lho😀.


Leave a Reply

Categories

