Posted by: duckone | July 24, 2008

明暦の大火

Gw semalem pulang dari kos-an dan dapet pinjeman buku 136 incredible concidences karya Vikas Khatri. Diantara coinsidences yang gw baca ada satu yang namanya dikasi judul Kasus Kimono oleh penulis.

Sehelai kimono berturut-turut dimiliki oleh tiga gadis remaja. Masing-masing gadis itu meninggal sebelum memiliki kesempatan memakainya. Karena dianggap membawa sial, kimono itu dikremasi oleh seorang pemimpin agama pada bulan Februari 1657. Ketika pakaian itu sedang dimakan api, angin kencang tiba-tiba menyambar, mengobarkan api, dan menyebarkannya tanpa bisa dikendalikan. Api itu memusnahkan tiga perempat Edo, meratakan dengan tanah 300 kuil, 500 gedung besar, 9000 toko, 61 jembatan dan memakan korban 100.000 orang.

Gw penasaran dan iseng buka wikipedia input tahun 1657 dan nemuin 明暦の大火atau Great Fire of Meireki. Di wiki versi inggris gw cuma nemuin fakta kalau api dimulai di daerah Hongō (本郷) dan menyebar dengan cepat karena angin dari barat daya. The fire lasted for three days, lalu 江戸城 Edo-jo hampir ga selamat. Kejadian ini termasuk disaster paling besar di jepang sampai saat ini. Korban tewas setara dengan 関東大震災 Kantō daishinsa pada 1923 dan Firebombing of Tokyo pada 1945.

Gw buka wiki versi nihongo dan karena males baca bener2 cuma scanning ala dokkai di noryokushiken. Gw nemuin persis apa yang disebut penulis diatas. Is the Kimono cursed?

Anyway, ini foto memorial yang gw dapet di wikipedia.


Responses

  1. ini lo online pake apaan? wakakaka
    adaptornya kan lagi gue benerin…

  2. wakakak. dia kan bisa pake punya temen😀

  3. Itu kimono kalo kesisa dikit aja kainnya. Terus ada orang yang buat itu jadi cawat mampos dah dunia….
    Cursed pant, yang pake bisa mandul kekekkek ^^


Leave a Reply

Categories

