Posted by: choidebu | July 25, 2008

My Turn

post ini boleh dibilang respon ke post ricky dan yohanes, dan juga ungkapan meluruskan berbagai hal berkaitan dengan kerja di FCT dan sebagainya. g cm bakal bahas hal2 yang kihon, tentang kontrak de-el-el g kurang kuwashii jadi tidak akan bahas kesana.

sebelumnya g mau menyampaikan dahulu, bahwa g jg kecewa mengapa mereka yang di atas kertas sudah lulus tidak diberangkatkan, dan bahwa g secara pribadi menganggap ini adalah sebuah ketidak adilan yang dilakukan pihak FCT. kedua, g salut terhadap teman2 sekalian, 13 bulan sudah mengikuti training yang melelahkan fisik dan mental ini, terlebih 2 bulan terakhir yang mana usaha kalian g tahu sendiri SANGAT keras. yoku ganbatta. otsukare sama.

kakugo shitoite kudasai.

soal kerja di jepang
gaji? UMR. 50% dari gaji yang seharusnya didapat nihonjin dengan shigotonaiyou dan level yang sama. soal aslinya kita digaji berapa dan berapa yang diambil FCT, kita tidak pernah tahu.

karir? u itu hakken shain. plus gaijin. jangankan belajar rahasia perusahaan, jadi project team leader pun susah karena tidak ada jaminan u akan keluar sehabis kontrak atau membocorkan ke perusahaan lain kalau sudah pindah kerja. 2, sudah rahasia umum hakken shain ada karena perusahaan perlu tenaga ahli yang get-shiyasui, suteyasui. jadi mereka tidak perlu keluar duit banyak untuk boshuu sebelum proyek gede dan tambahan lagi untuk keep tenaga2 tsb setelah proyek usai tapi belom ada proyek baru.

kerjaan yang pas? eigyoubu kenalin lowongan ke kita. trus kita memang boleh pilih mau mensetsu gak sesuai naiyou dll. tapi tidak ada jaminan u akan dapat kerjaan yang sesuai dengan yang u mau, programming dengan 2 layar lcd, kaihatsu ampe level silicon wafer atau apapun itu. kenapa? makin lama u di shiten, trus nolak2in lowongan, lama2 mrk males ama u n gk ngasi2 lowongan lg. trus bolehlah jobdesk keren, menjanjikan. tapi tanya d ama senpai, apa sesuai itu jobdesk? dikiranya cm prsh indo yang ga tau bedanya tukang ngetik ama IT development team apa?

kepuasan kerja? u’re a salaryman.. for god’s sake. bangun jam 6, berangkat jam 7, nyampe jam stgh 9. pulang jam 6, nyampe ryou jam stgh 8. u ngantuk2 seharian, dikasi kerjaan selesein, disuru zangyou 2 hari seminggu, kadang2 donichi pun masuk. gak masuk? kekkin, langsung potong gaji. kantor hakkensaki libur tp FCT gk libur? u shukkin ke shiten. rasain sendiri tar rasanya tsuukin itu kek apa, manindensha dsb. n blm lagi soal diskriminasi hakken shain dan seshain…

lingkungan kerja? pake tuh keigo tiap hari, lower your head everytime. gak ada yang namanya telat disini. hp? kinshi. chat? kinshi. browsing? nyolong2 lah.. trus gak ada sistem praising disini. karjo dr dulu mana ada muji kita? jelek diprotes ..”ganbatte morawanai to..” bagus? tai kucing. mushi….

and the worst? u got 3 years to experience all of it! Yay!

soal hidup di jepang
jepang itu dream land? di indo g bs ngobrol ama ten in di resto, ama sopir taksi pun ngobrol ya biasa. g pulang kos g senyumin minimal 4 orang. n g disenyumin balik. disini? topeng semua. dah tau budaya tatemae + honne kan? disini rules, manner, semua ketat. u gk patuh, mereka gk ambil pusing ngasitau u. tau2 u dijauhin aja. murahazure tau toh? sono kanji da.

di densha ada orang2 aneh, ngobrol sendiri lah, teriak2 lah… itu kenapa kalo gak society nya yang ketat? u berharap orang2 mau ngmg gara2 u gaijin? kecuali u orang afrika keren ato bule2 funky, monggo deh pasang tampang muka asia tenggara u disini.

soal kenshuu n taiki
sudah bukan rahasia lagi kalau batch 2 itu “dianaktirikan” dalam kata2 paling kasarnya. kita ditekan dari segala sisi, dr bicar, dr nyoman, dr FCT ampe sensei pula. u kenshuu 13 bln, masi disuru extend pula 2 bln. nyampe sini pun u kenshuu, diblg gak bener2 kaiwa. kalo nilai turun dikit lgsg di shikaru, sll diawasi tidur wkt kenshuuchuu apa enggak. kenshuu masih harus tes2 molo, tapi hari biasa terkantuk2, krn gk ada kerjaan, kyoukasho gk ada apalagi buku soal. tp PR jalan teros, sakubun, kakinaosi teruss.

taiki? tambah parah. nunggu di shiten seharian, gk ngapa2in, gk ada kenshuu jd bener2 gk ada kerjaan. kadang2 dikasi zatsuyou biar ada aja kerjaan, kek pindah2in bangku, ngurus surat2 anak baru, angnai orang baru… PNS, anyone?

dari dulu harapan banyak, diminta ini itu kita, keigo harus jago, semua diatas 60, kaiwa lancar, bs ngmg iken, hatsuong kirei, de-el-el. tp u liat aja sampai kesini semua yg u pelajari kek gk ada gunanya bahkan waktu ngmg yang paling standar sekalipun. standar naik terus. entah karjo itu punya penilaian bahwa manusia itu makhluk logaritmik bukan linear, melawan hukum alam bahwa perkembangan manusia itu mengikuti hukum poisson…

masih mau lagi?
cukup lah ya.

yang mau g katakan? (biasa ichiban iitai koto ha saigo ni arimasu)
ada yang mau negatif? g kasi. g kasih u sejuta alasan WHY U SHOULD NOT COME HERE.
tapi intinya, yg g tulis diatas kalian sudah pada tahu minimal 50% nya sebelum sampai tahap ini, dan 20% minimal sebelum join program ini.

So kalo udah tahu kenapa masih join?

Dan sekarang setelah ada tawaran extend, yang jelas yang bakal hilang cuma uang deposit toh? so? why not? gak ada ruginya kan? u boleh cari di toko sebelah …eh maaf… di kursus manapun, 5 hari seminggu, 13 bulan, mau bayar berapa? level 2 dalam 13 bulan, mana ada yang semurah uang deposit kita. your 13 months of pain worthed the price..

So? sudah dapet bahasanya…. ngapain kesini?
apalagi g udah kasi 100% kenyataannya, buat apa kesini?

intinya itu semua adalah PILIHAN.
kita masing2 punya tujuan kita, motivasi kita WHY kita mau kesini IN THE FIRST PLACE.
PILIHAN juga yang menentukan kita mau positif kah, negatif kah.
PILIHAN juga yang harus u pilih, apakah u mau terus bingung, monku2 gak jelas dan yokei, apa mau curahin tenaga untuk monku itu ke apa yang harus u kerjakan sekarang?
PILIHAN yang paling penting, u mau jadi karyawan FCT apa gak?
kalo iya, u mau terima semua hal2 diatas gak?

kalo dikit2 monku, negatif, g bisa jamin u sampai disini, gak ada itu yang namanya u puas. g bisa bilang disini u bakal monku gk abis2.

every cloud has a silver lining. g cm bisa bilang itu doang. UMR? yg penting g masih bisa save. masih bisa jalan2. karir? whatever, i’m here for job experience. 3-5 yrs max n i’m out. dan job exp itu cukup buat modal ke negara lain. n asal g beri the best dr g, naik gaji ato bonus itu bukan mustahil toh? kerjaan gk pas? g ada side project, spy fokus g gk ke kerjaan doang ^^ taiki+kenshuu boring? denger kata joker:”what doesn’t kill u, only makes u…. Stranger.” yeah. i wanna be stranger.

syukur itu penting. bisa join, syukur. spt kata iwan, kita menyisihkan harapan2 orang2 yang mungkin benar2 ingin ke jepang waktu kita masuk ke GET. kita dah belajar banyak, dapet nakama banyak. masi diijinkan kenshuu di indo, syukur. training indo JAUH lebih intensif drpd disini.

yah post ini didedikasikan untuk yang merasa masih bingung ttg FCT. g kasi semua fakta jelek2 nya. mumpung libur 5 hari. mohon dipikirkan baik2.
1. WHY I JOIN IN THE FIRST PLACE (inget2 hatsukoi ama FCT…oohhh ^0^)
2. WHY I WANT TO GO TO JAPAN (joshikousei banzaiiii… maid cafe banzaiiii.. akiba banzaiii)
3. WHAT DO I WANT TO DO IN JAPAN
4. AM I READY TO FACE THE CONSEQUENCES OF MY OWN CHOICE

last say, kita semua tahu di dunia gak ada yang namanya pasti. semua pasti berubah. memang gak ada yang bilang hidup u bakal enak disini, dapet gaji, kerjaan yang enak. tp every man’s in charge of his own dream. walaupun ada yang gak enak dalam hidup, itu juga in the end gonna be for your own good. kalaupun ada yang memutuskan lepas dr FCT stlh bulan ini, g cm berharap poin no.4 u pegang, jangan menyesal. siapa yang bilang di indo gk bisa sukses? tau2 tar teman kita yg keluar dh jd boss pas kita lesein 3 th kontrak? n for all monku2 itu, drop it. gak guna. omongin sekali, soudan-kaiketsu-shuuryou. jgn diungkit2 lagi. buang2 tenaga.

– Vi Veri Universum Vivus Vici –
By Truth, I, while Living, have conquered the Universe.


Responses

  1. 4 good questions. itu yg dari dulu gw pengen jelasin, tp ga pernah ketemu kata2 yg pas.

    sebenernya gw rasa masing2 uda punya jawaban masing2. kalo emang nganggap fct jelek, n not worth it, knp msh stick around? pasti karena di dalam hati loe msh tetep menginginkannya kan? (memang hatsukoi susah dilepas, ck ck) kalo emang uda ga mau yah direlakan aja, kyk yo. tp kalo masih ga mo relain yah jgn lepasin dulu, see how it goes.

    masalh prinsip, harga diri, penghargaan dan sebagainya… itu tinggal kerelaan loe utk berkompromi.. level of tolerance loe. ato ga go for a direct confrontation ama fct. either is fine, as long as loe bs establish a ground of understanding. yg namanya untung rugi itu bisa di balance out kan, semuanya dalam POV & mindset. (weleh, udah mulai kyk MLM)

    yo wess, intinya..

    sampe saat ini uda bnyk yg mengutarakan & pikiran. dan gw rasa udah cukup banyak utk dijadiin bahan utk consideration. dan daripada spekulasi/argumentasi/observasi/comment lebih lanjut yg sifatnya random & acak2an, mending di matome dulu.

    1. cari dulu apa yg LOE mau
    2. establish YOUR OWN grounds & conditions
    3. compromise, nego & gauge the possibility
    4. make a decision

    seperti yg selalu dibilangin sm yago & iwasa sensei, sampe gw eneg.. GUTAITEKI ni… semuanya akan simple kalo uda ada solid form.

    yah, semuanya balik2 lagi ke seberapa bisanya loe liat keinginan loe yg sebenarnya tanpa dihalangi kabut2 dilemma, huahahaha.. udah ah.. bentar lagi gw bisa meditasi melayang2 neh.

    setelah dibaca lagi, i don’t really make any sense yah.. maa iika.

  2. Hmmm yahh gw sadar mungkin karena keadaan kita sudah diombang ambingkan, tapi gw berani kasih suatu kata nih🙂

    Ada yang tahu Saiyuki? Cerita perjalanan biksu Tong ke barat bersama 3 orang murid silumannya itu….
    Gw bingung jg, kenapa biksu XuanZang gak langsung naik awan saja sama Wukong (ibarat naik shinkansen) aja? Kenapa musti harus ada butagorila sama ushigorila… eh sori bukan leo sama ricky tapi musti sama Zhu Bajie sama Sha Wujing. Padahal intinya kan sebarin kitab, kalo bisa ada airmail ato fax mendingan pake itu aja kan! hohohohohoho…. bener2 ga gouriteki (inyou dari ucapan kesukaan Adi)

    Boro boro jalan cepet malahan disuruh menghadapi rintangan dan godaan lagi >.< gile ini ruwet amat. Tapi gw sadar pointnya di sini. Perjalanan ini SUSAH dan PANJANG, rintangan dan godaan darake! Tapi karena itulah hasilnya indah. Coba bayangin kalo ceritanya kaya skenario gw… busettt 1 chapter selesai mungkin masuk tong sampah doang nasibnya.

    Gw rasa rintangan dan godaan pasti serem ya. Tapi kalo lo tilik balik semua itu bakal terasa indah. Wah dulu gw udah sampe gini… bahkan yang paling hidoi kaya gini…. tapi akhirnya gw SURVIVE!!! dan jadi kaya gini!
    Lah kalo gw gagal gimana?Tenang! gw kasih satu kata lagi dari bartender (anime)

    Hito wa makemasen!Hito wa makeruyouni tsukurareru no ha inainda! Hito ha tabun korosareru kamo shirenai ,demo makeru ha inaindazo!

    Gak ada satu orangpun yang dilahirkan jadi loser dog! Gw berharap kita percaya bahwa kerja keras kita pasti dihargai! Mungkin ga sama Fullcast tapi kelak pasti dihargai (paling ga sama Tuhan). Ok…. ciao

  3. Hohohoho. banzai….g suka kata2 lo van.😀. banzai. sansei ni kimatterunda.

  4. Toet…toet…………….

    Barusan dapet Info,
    keknya ini blog peminatnya ga cuma kita2x wakaka…
    coba deh dikasi counter ntar bakal keliatan….
    KARENA…………….
    Apa yg loe pada tulis disini ga cuma kita doank yg baca tp jg pengaruhin mereka2x yg mo join nih program……

    SO….No comment dah…..semakin bingung dan runyam…..

    “ngantuk…..”

  5. ok d, g kasih counter. thx masukannya😀

  6. mending mereka tahu apa yang mereka hadapi daripada nantinya nyerah n mengaku2 sebagai korban…

  7. Gw mo sedikit kasih tahu kata korban. Korban itu merupakan pihak yang dirugikan. Ok? Namun, jika kita udah tahu dirugikan dan kita menyetujuinya kita bukan korban! Kalo udah tahu dirugikan tapi tetep setuju jadi statusnya apa?
    Ada 2 pilihan nih:
    1. Tolol : kemampuan bahasa untuk mencerna isi kontrak kurang atau tidak paham sedang berada di posisi mana dia ini.
    2. Berani: udah tahu resikonya tetep aja nekad untuk mencari perubahan!
    Beda keduanya tipisss sekali, tidak perlu heran jika kedua istilah ini seringkali bercampur-campur.
    Kalo korban, gw jujur korban desas-desus bahwa “pasti diberangkatin kalo ikut program ini”. Nah padahal hal ini ga ada di kontrak! Gw korban dari desas desus ini sekaligus ke’cap’ sebagai orang TOLOL kekkekekeke🙂
    Tapi kalo lo berani, lain cerita! Gw saat ini berusaha untuk berani tapi ya tetep aja ada saat untuk menyesali ketololan gw ahahahhaha…
    Gw mo kasih tahu aja yang lagi kontrak ato yang akan teken kontrak supaya sadar hal ini bener2. Jalan hidup kita, kita sendiri yang tentuin.
    Gw lihat ada beberapa dari kita yang dibilang bodo banget mo kontrak gini gitu. Ingat! itu dari sisi mereka!! Thomas Alpha Edison sering dibilang bego dan lain2 tapi begitu penemuannya dipatenkan langsung berubah kan semuanya!

    Memang gak semua orang yang pekerja keras tu sukses… TAPI SEMUA ORANG YANG SUKSES ITU PEKERJA KERAS!!!

    Ciao…. salam Baltan uhohohohohhoh V(- – ;)V

  8. akhirnya bisa respon..
    tadinya lagi buka http://www.hello-online.org/
    berangan2 gua dah diberangkatin bulan ini n 2minggu lagi gua bisa liat konsernya momusu (berkisah tentang cinderella)ooooooohhhhhhh…
    tiba2 inget GET n sukashibe..
    ada apaan sih akhi2 ini…
    dibaca n wah…gak bisa komen apa2 ehheheh

    smua yang dikatain ma evan bner2 tepat buat hal monku2 dll
    sekalian juga komen buat riki n yoh

    dari dalem diri gua
    monku itu sesuatu yang tidak ada gunanya..
    (jisai ni pasti ada sih)
    tapi tergantung bagaimana lu menyikapinya??
    dengan menambah kekuatan negatif itu kah??
    dengan mengcounter supaya jadi positif kah??
    balik lagi itu smua pilihan..

    kenapa lu harus berpikir negatif??
    tu buat memberi lu pelajaran supaya jangan sampai terjerembab di tempat yang sama 2 kali
    kenapa lu harus berpikir positif??
    tu supaya lu bisa terus maju..gak cuma stop setelah terjerembab n naki maweku kaya iwan yang membayangkan gua ngebonceng emiko kabe-san..hahahhahahahh ampun wannn

    gua orang yang berpikir terlalu positif untuk segala hal terkadang gua kayak orang naif n polos….TAPI
    hal paling buruk pun akan gua hadapi dengan egao n oogoe..bicaralah apa yang lu suka!!
    dengan begitu lu bisa berpikir secara reisei dan tenang karena beban lu terlepas sedikit lah..

    klo ada monku..
    kumpulin tuh monku..
    mumpung tanggal 31 kita ada teleconverece ma nyoman
    utarain smua kekhawatiran kita disana
    sonkeigo??
    tu mah cuma disuru ma si kabe doank..
    gak peduli gua ma yang begituan..
    nanti dah lagi soudan mah pake ja bahasa yang bisa mengutarakan perasaan kita..
    lebih ii kanji darou..

    jangan ngelampiasin monku lu di kelas
    jitsu ha
    gua bener2 muak ngeliat orang2 yang dateng telat, dikelas gak peduli ma jyugyou, egoisme lu tu terlalu tinggi JING!!
    yah udah ditulis gak pengen gua apus lagi..
    sekalian ja yah:
    -klo lu berpikir untuk boikot..kenapa tanggung2??
    sekalian ja ga dateng..
    jangan ambil jalan PENGECUT
    jangan tanggung2
    -klo lu berpikir untuk egois
    gua juga akan berpikir untuk egois..
    dengan sikap lu seperti itu dikelas lu tu menggagu gua..
    -klo lu berpikir lu bersuara buat suara hati lu n mayoritas
    utarain dengan benar dan jangan sekedar NATO

    GET program n tetek-bengeknya
    ni semua bukan cuma masalah beberapa orang daonk
    tapi karena kita dah dari awal bareng2..
    semua jadi masalah bersama buatgua sih
    rusnya kita bisa hadapin bareng2..
    yang kita butuhin sekarang tuh dukungan dari semua insan jadi..
    GENKIDAMA kita lebih besar n DAYA HANCURnya juga memuaskan..
    lu mau mikirin nasib 2 temen kita yang belum juga diberangkatin??
    bergabunglah semua
    lu mau monku semua nayamu lu??
    bergabunglah smua..
    tapi sasarannyaya yang jelas..jangan salah tempat ngutarainnya..
    jangnan cuma minum kopi, monku2 ambil kesimpulan sepihak dari pemikiran negatif doank, n bersikap semau lu, jangan berpikir lu tu selalu jadi yang terbener lah..

    childish..

    yah hitokoto gua berakhir disini..
    n bersikaplah sesuai kata even n joker..
    jalani semua dengan senyum n gegap gempita!!
    hehehhehe
    the dark knight keren suer!!

  9. Hartelijk bedankt voor de informatie en je advis. Ik weet, dat er heel moelijk is om in een land te werken, die wij helemaal niet weten.

    Ja, Japan is niet een ‘dream land’, en Indonesie is ook geen ‘dream land’. Zij zijn geen paradijs!! In dit tijdperk is nergens paradijs.

    Ok. back to human language:
    Gw sebenarnya bukan mau mengucapkan monku, tapi hanya mengungkapkan rasa kecewa. Seperti yang diungkapkan oleh manusia tidak sempurna yang paling berhikmat yang pernah ada di bumi,

    “Expectation postponed is making the heart sick, but the thing desired is a tree of life when it does come”
    -Proverbs 13:12

    Demikianlah harapan yang (selalu) tertunda itu menyebabkan kekecewaan. Tapi kalau kekecewaan itu terus dipendam, diperam, direndam, dan difermentasikan…. (jadi kaya bikin BIR), yang muncul adalah rasa kesal, marah, dengki, dsb-nya yang malah bikin sakit kepala, sakit maag, dan bahkan tifus.

    Gw sekarang putuskan untuk ambil ekstensi 3 bulan (YA, 3 BULAN. — batas maksimal). Anggap aja kursus gratis plus dibayar gaji. (lumayan… 1.8jt x 3 = 5.4jt) Balik modal deh dr Rp.7jt yg didepositkan, plus pengetahuan bahasa Jepang (yg klo boleh dibilang – dan gw yakin – akan jauh lebih bagus). Soal berikutnya lulus atau ga, gw sih udah ga peduli lagi. Klo misal hingga akhir dari ekstensi itu gw dianggap ga lulus, toh gw masih bisa ambil Nouryoku Shiken di Jkt (2-kyuu ooiii, dan pasti lulus). Trus berbekal sertifikat itu, bisa cari kerjaan yg cukup manthab.

    Klo misalnya bisa lulus, ya syukur…. meskipun ntar bakal harus menderita di bawah Karjo [DUH!! Rasanya gw pingin coup d’etat si Karjo itu, trus GW yang gantiin dia jadi Senior Manager! — Kalau bisa sih gw gantiin Kaizuka Shachou juga deh >:) ]

    SO, I’m no longer complaining about the extension and bla bla bla. I just want to enjoy my 3 months of being trained and being paid. Those who are still complaining, let them be. But no matter how hard they complain, it will be in vain.

    “Vanitas vanitatum, dixit Ecclesiastes. Vanitas vanitatum, et omnia vatitas”

    最後に:
    ‘t spijt me, dat ik in nederlands schreef. Soms voel ik beter als ik met de taal van m’n Oma spreek. Voor jullie die kunt niet begrijpen, vraag niet! Kijk niet in het woordenboek! Omdat alles tevergeefs is.

  10. berarti gw jg termasuk tolol yach….
    Tapi mereka lebih tolol sih sebenernya….

    Sebenernya kalo mereka ngga perlakuin kita layak…
    kita bisa bikin Hoax….
    bilang aja nih company dah mo bankrupt….
    gw lg nungguin neh…
    hihihi….(cara busuk org kalah perang^^)

    Dan mereka tu usaha di bidang Technology dgn mempekerjakan tenaga asing tanpa pernah ngecek berita2x busuk mereka di internet……

    Silahkan klik di google…dah langsung tu keluar semua bobroknya FcT. Makanya gw jg heran kenapa masi pada tahan juga kerja disini wakakaka…..Tp entah kenapa setelah gw nanyain pertanyaan kek gitu ke org yg gw kenal, mereka akhirnya pada cabut juga……….

    gw ga tau salahnya dimana….
    cm klo mau berjuang tu jgn setengah2 n sendirian….
    Bersatu kita Teguh bercerai kita runtuh!!!
    inget tuh…..

    org China yg pada Quit mereka harus bayar penalty….tapi mereka tu pertemanannya kuat jadi sampe temen2nya pada nalangin tu duit utang baru dicicil belakangan….mereka tu paling anti diatur2x n diteken jadi klo udah bilang No ngga bakal berubah d.

    Org Amrik terlalu to the point & ceplas ceplos… Salahnya org JPn tu masi lebih nganggep mereka diatas, jadinya mereka keluar pun kagak pake penalty…akhirnya semua yg ngerasa ngga puas berenti gitu aja…mampos deh…….

    sedang orang2x tenggara kek kita2x ini, gw ga tau apa yang salah…apa terlalu menjujung moral, kesopanan & balas budi ya…sampe gw rela bertahan kek gini hauhauha…. mungkin kita kurang pede kali ya……..

    z…z.z.z.z….. ga tau d gw ngmg apaan. Tapi gimana ya supaya bikin mereka bisa lebih ngehargain kita??? sayangnya bhs jepunk gw jelek banget jd gw ga bisa mengutarakan monku-an gw seperti kereta api…..

  11. Gw jadi mengeluh lagi kan….Hikz….

    Gw masih harus berjuang setaon lagi….
    Tapi lu org masih punya 3 taon dan buat yg mau join(anak batch 3) masih harus berjuang 4 thn….

    gw jd bingung harus mendukung ato gimana.
    cuma gw bilang, klo lu ngerasa bisa dapet chance lebih gede ditempat laen…. lepasin yg ini jg gpp sebelom lu terjebak…krn kalo uda join penalty-nya gede banget kan….

    tapi buat yang ngerasa emang ngga ada kesempatan laen selaen ini buat ke JPN, dapet gaji gede(bandingin di Indo), dll….ya terusin aja. Jangan sampe nyesel……….

    buang jauh2x kata2x MENYESAL!!!
    Jalanin apa yang udah kalian pilih, toh hidup cuma ada sekali & cuma kalian yang bisa jadi navigatornya…………
    dan ngga pernah ada kata TERLAMBAT untuk berubah & ngelakuin apa yang kalian pengen^^

    Jd yg Semangat ya^^

  12. See….3,302 hits!!!
    Joinin Page Rank…pasangin iklan…
    dapet duit dah hauhauha….

  13. Terima kasih atas pendapatnya tante hahahhaha…

    Saya emang gak tahu apa yang musti dikatain untuk merespon tapi yah… mau gimana >.<

    Yang jelas nanti kalo 3 bulan nasib belom berubah gw udah siap2 utk quit wakakakakkaka.

    Btw thanks atas sharenya Tante otot ^^.

    3302 hit dari mana aja ya? bingung jg bisa sebanyak itu.

  14. intinya sih cuman rela ato ga rela diinjek aja yah, huahaha..

    dr 3302 hit itu siapa tau ada upper echelonnya fct yg ikut baca, biar mrk tau seberapa populer & digandrunginya mrk, wkwkwkwk.

  15. itu ngitungnya pake apa sih ya? adi? kemaren liat 2900, sehari dah nambah cepek?

  16. wkaakakka….
    ada yg demen neken tombol F5 kalee…

    coba search di google ah pake keyword FCT. sukashibe ada diurutan keberapa hihihi….

    Lah malah error….ntar d liat lg.
    Tp emang bener tu sehari 100.
    WeW….nyokkk cari duit lewat sukashibe wakakaka….^^

  17. gpp cici inge, justru gue seneng kalo blog disini bisa dijadiin tempat utk monku, dan ada yg mau dengerin… soale mo monku kemana2 ya percuma… cuma temen2 yg mau dengerin monku dan bisa menenangkan yang bikin seneng dengan ada blog ini..😀

    HIDUP CICI INGE!!!!

  18. gue bikin hot link nih blog di kaskus bisa makin rame kali yah… :))

  19. Wak gileee…. kalo dilink makin parah tar >.<

    Tapi dibandingkan thread di Japan Guide(mungkin beberapa udah pernah lihat), thread ini masih dibilang sangat objektif dan “ramah” hahahahhaa. Kalau lihat forum di Japan Guide bakal ketahuan sejarah San Jose ditutup. Tapi itu ga penting lah, waktu San Jose ditutup, senpai kita bisa berangkat ^^

    Tante otot, dipanggil cici tu ama Leo hohohohoho. Kelihatannya respect dari batch kita kepada Anda makin mendalam nih untuk beberapa orang

    Ohohohohoh salam Baltan

  20. keriput gw makin nambah dunk….
    gw kan masi muda dan imut JAHHHH!!!
    wakakaka
    *ngacir^^

  21. barusan dikirimin email dari billy januar disuruh baca blog disini. hmmm sebagai lulusan batch 1 dan orang yang pertama kali dapat kerjaan dari fct menurut gue semuanya tergantung dari luck dan cara pandang kita masing2.

    toh setelah setahun lebih gue disini kesan yang gue dapat ga sejelek di postingan ini. walopun gue akuin mendapat banyak kekecewaan dari fct.

    bukannya ngebela fct loh,sebab terus terang gue juga ga suka dengan beberapa tatacara dan peraturan mereka yang s*cks.

    just try to think what is your motive to go to japan. ga semua jalan itu mulus. hidup itu penuh tantangan dan pilihan. I have my own personal motives to go to japan. and I choose fct to achieve that.

    oh iya, beberapa hal yang di posting di blog ini tidak sesuai dengan apa yang uda gue alamin disini. but maybe its just me ? or maybe because I’m lucky… or unlucky… who knows.

  22. @D#E met datang di blog ini🙂

    Menurut saya, kita semua cuma bicara yang sebenarnya terjadi di sini. Kalau dilihat dari blog japan guide (http://www.japan-guide.com/forum/quereadisplay.html?0+28925) blog ini bener2 ga ada apa2nya.

    Yahh menurut saya bekerja itu merupakan proses kepercayaan sih, kalo memang percaya sama Fullcast sih silakan aja masuk dengan menanggung resikonya. Gw pikir juga masak kita mau menerima ‘suksesnya’ fullcast doang, ‘jeleknya’ ga mau???

    Gw jujur ga begitu suka sama haken(outsource) gw lebih suka kerja di suatu tempat yang menetap. Beberapa pasti tahu lah ya niat gw setelah 3 taon kontrak ^^

    Pokonya gw sih udah usaha, kalo tetep aja ga dihargai ya uda, gw cabut bawa ilmu kekekkeke. Gw yakin setidaknya sertifikat 2 kyuu udah di tangan gw ^^. Abis itu gw kerja di luar aja sambil menunggu kesempatan ke jpg. Licik?menurut gw kagak… soalnya pengorbanan gw setahun juga mahal jadi setidaknya gw manfaatin ilmu yang gw dapet wajar donk.

  23. @D&E:
    welcome. pengen juga neh ketemu senpai, pengen belajar gmn ceritanya bisa dapet kerja duluan.. sasuga 1 dr 2 org yg disebut sungaibawah pas mensetsu dgn g.

    oh iya, beberapa hal yang di posting di blog ini tidak sesuai dengan apa yang uda gue alamin disini.

    contohnya? post yang mana? hal yang mana?

    but maybe its just me ? or maybe because I’m lucky… or unlucky… who knows

    Iya kondisi batch 1 dan batch 2 memang sudah beda in the first place, seperti halnya jg g yakin batch 3 pasti akan berbeda.

    and g berharap batch 3 jauh lebih baik lg.

    judul dr blog ini “where batch 2 gets frustrated” jadi yah harap dimaklumi isinya begini.

    @iwan:
    org Indo gitu ya wan, kerja utk pengakuan n penghargaan. g jg pada dasarnya gt g rasa. g ms gk tau n pengen tau sih org jepang kerja untuk apa. zenzen kankeinai hanasi nandesukedo. tp g rasa kalo kita mengerti hal ini kita bisa mengerti mengapa mereka berlaku seperti yg mereka lakukan ini.

  24. Gimana ya Van, gw rasa orang Indo tuh bener2 kerja untuk dapet penghargaan. Di Indo soalnya lo bekerja males2 sama kerja keras penghargaannya sama aja, makanya orang Indo at least pingin dapat penghargaan.
    Bayangin aja gaji kecil tapi tenaga diperes ahahahha.

    Yah ada positif dan negatif, inilah pacenya Indo, u terlambat masuk cengar-cengir is okay, bolos ok aja, gak hargain kerja keras orang lain yang bener2 mati2an usaha.

    Anyway yang gw tulis di sini, BISA GW PERTANGGUNG JAWABKAN!!!! Jadi gw tulis berdasarkan apa yang gw lihat dan gw lihat bukti secara langsung. Masalah percaya ga percaya tentang hal yang gw tulis itu masalah pribadi, tapi gw jujur bahwa semua gw tulis seadanya

  25. wah ga ada notificationnya ya kalo comment ku uda diapprove. ato gue yang salah setting wkwkwk.

    btw kalo ada yang baca pengalaman saya yang saya tulis di

    http://deddyone.wordpress.com/2008/03/19/cerita-kenapa-gue-bisa-ke-jepang/

    maka bisa diketahui salah 1 motif terbesar gue datang kesini adalah untuk menjadi mandiri dan pengen tahu bisa ga seh hidup bener2 sendiri tanpa sokongan siapa2.

    dan untuk itu saya berterima kasih ama fct yang bisa bikin saya kesini. tapi seperti yang sodara2 bilang. tentunya kita maunya jadi seishain suatu perusahaan dong. mana mungkin mau selamanya jadi haken. so right now kerja ya itungannya balas budi dulu ke fct karena uda dikasi pelatihan bahasa dan kesempatan utk datang ke jepang.

    saya juga masi bingung seh menentukan melangkah kemana nanti di masa depan.

    oh iya seblon kelupaan.. salam kenal semuanya.

    hajimemashite.
    deddy desu.
    yoroshiku ne.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: