Posted by: choidebu | July 28, 2008

RE:Fi-dobakku

makin panas aja blog ini. asik2..

berkat post bung idjoe saya jadi menilik ulang post saya sendiri, dan memang ada beberapa hal yang sejujurnya saya dapati tertulis sedemikian rupa hingga memungkinkan terjadinya kesalahpahaman atau bahkan menyakiti hati orang lain. Bahwasanya tujuan awal penulisan bunshou tersebut memang ditujukan untuk menjadi sebuah ‘cerminan’ dan ‘penyadaran’ bagi yang membacanya, maka hal2 tersebut tentulah sebuah konsekuensi langsung yang tidak dapat terhindarkan lagi. Demikianlah post ini dijabarkan bukan sebagai sebuah pembelaan diri, melainkan sebagai keinginan meluruskan pendapat bersama agar jalan pikiran penulis, yaitu saya sendiri, dapat tersampaikan tanpa pengurangan dan penambahan serta perasaan subyektif yang tentunya berkemungkinan mengaburkan niat luhur(baca:asli) penulisan bunshou itu sendiri.

post ini boleh dibilang respon ke post ricky dan yohanes,..

disini jelas sekali saya menyebut dua saudara kita, yang mohon beribu maaf bila dalam tulisan selanjutnya tidak dijabarkan secara obyektif satu persatu kaitan langsungnya dengan permasalahan yang saya tulis. dari kalimat ini saya takutkan dapat diartikan sebagai ‘menyamakan’ post kedua kontributor blog kita ini, meski sebenarnya dari pandangan dan hemat saya berbeda sama sekali. (akan dilanjutkan di akhir)

..dan juga ungkapan meluruskan berbagai hal berkaitan dengan kerja di FCT dan sebagainya. g cm bakal bahas hal2 yang kihon, tentang kontrak de-el-el g kurang kuwashii jadi tidak akan bahas kesana.

mita mama, ini naiyou utama. judulnya saja ‘My Turn’, ini sebenernya curahan uneg-uneg saya pribadi, yang (seperti saya tulis) boleh dibilang respon dari post2 sebelumnya.

soal aslinya kita digaji berapa dan berapa yang diambil FCT, kita tidak pernah tahu.

karir? u itu hakken shain.

disini ketika saya menyebut ‘u’, perlu saya tekankan tidak mengacu kepada 2 saudara yang tersebut diatas. ‘u’ mengacu pada pembaca khususnya saudara2 yang sedang kenshuuchuu untuk bekerja di jepang.
kita? kami yang sudah disini dan kalian yang akan kesini.
g – saya sendiri.

yang mau g katakan? (biasa ichiban iitai koto ha saigo ni arimasu)
ada yang mau negatif? g kasi. g kasih u sejuta alasan WHY U SHOULD NOT COME HERE.
tapi intinya, yg g tulis diatas kalian sudah pada tahu minimal 50% nya sebelum sampai tahap ini, dan 20% minimal sebelum join program ini.

disini ‘u’ memang masih ‘u’ yang tadi. ‘kalian’ juga ‘u’ maksudnya. tapi yang saya sebut “yang mau negatif” itu siapa sebenarnya? soujiki ni iu to, ya jelas yang bilang sendiri “g mo nulis yang negatif” di post sebelumnya, yaitu saudara ricky. mohon maaf kalau terkesan menunjuk, tapi memang tulisan ini dipicu oleh post2 negatif sebelumnya yang mungkin berpuncak pada post saudara ricky. meski secara pribadi sejujurnya saya katakan tidaklah saya menyimpan rasa kesal pada pribadi yang bersangkutan, sedikitnya hanya pada keputusan beliau untuk mengungkapkan hal2 yang tidak sesuai dengan hemat saya.

Dan sekarang setelah ada tawaran extend, yang jelas yang bakal hilang cuma uang deposit toh? so? why not? gak ada ruginya kan? u boleh cari di toko sebelah …eh maaf… di kursus manapun, 5 hari seminggu, 13 bulan, mau bayar berapa? level 2 dalam 13 bulan, mana ada yang semurah uang deposit kita. your 13 months of pain worthed the price..

tentang bagian ini, dengan sejujurnya saya nyatakan sesuai dengan yang saya pikir dan timbang. dan bagian ini ditujukan secara umum kepada teman2 seperjuangan dan secara khusus kepada kedua orang yang disebut namanya secara eksplisit diatas sebagai bagian dari maksud saya memberi masukan untuk penentuan keputusan selanjutnya oleh yang bersangkutan. disini saya menekankan bahwa kenshuu yang kita jalani dengan air mata darah dan keringat emas (forgive my hyperbole) tidaklah sia-sia dan bahwa 13 bulan menandai titik balik modal yang telah kita keluarkan di awal, sehingga cukuplah ditutup lembarnya sebagai bagian sejarah yang baik untuk kemudian melangkah ke depan, masing2 dengan jalannya yang ia pilih sendiri tanpa tersangkut kekecewaan atau penyesalan.

kalo dikit2 monku, negatif, g bisa jamin u sampai disini, gak ada itu yang namanya u puas. g bisa bilang disini u bakal monku gk abis2.

nah inilah yang sepertinya paling menarik perhatian dan menyakiti perasaan satu dua orang, meski tidak ditargetkan dengan sengaja secara spesifik ke pihak2 tertentu tetapi berhubung dengan kalimat paling atas yang menyebut 2 nama secara explisit, kesalahpahaman atau sedikitnya perasaan terhakimi yang dialami 2 nama tersebut adalah konsekuensi logis yang dapat dipahami. mengenai penggunaan bahasa sinisme utamanya saya minta maaf, meski kalimat tersebut memang harus bergaya sinisme agar mengena dan berbekas di hati pembaca, tetapi ketakutan terbesar saya sebagai penulis bahwa konsekuensi logis tersebut terejawantahkan secara aktual telah terjadi sehingga sebagai penulis buah pikiran tersebut sudah menjadi kewajiban saya untuk menanggung akibat dari tulisan saya sendiri.

yah post ini didedikasikan untuk yang merasa masih bingung ttg FCT. g kasi semua fakta jelek2 nya.

sejalan, inilah hasil yang saya harapkan diterima oleh pembaca sekalian. entah akan menjadi motivasi ataukah penghancur semangat saya serahkan ke hemat anda.

kalaupun ada yang memutuskan lepas dr FCT stlh bulan ini, g cm berharap poin no.4 u pegang, jangan menyesal. siapa yang bilang di indo gk bisa sukses? tau2 tar teman kita yg keluar dh jd boss pas kita lesein 3 th kontrak

(lanjutan dari atas)ini yang sebenarnya saya harap diterima oleh kedua orang yang namanya saya sebut diatas (sekali lagi, tujuan utamanya bukan kedua orang tersebut) bahwa saya menghormati keindividualan masing2 teman seperjuangan saya yang mana bersamanya saya telah mengarungi cobaan dan akhirnya sampai ke percabangan jalan ini. sehingga sebesar apapun keinginan saya untuk tetap dalam jalan yang sama tetap saja sebagai seorang yang menjunjung kemerdekaan pribadi menyerahkan keputusan ke tangan yang bersangkutan dan menghargai setiap lakunya adalah satu-satunya hal yang dapat saya lakukan. Alhasil ini pula seluruh dari ‘respon’ yang saya maksudkan untuk kedua orang yang mana namanya disebut, bahwa saya memahami keunikan masing2 mereka dan memohon untuk mempertimbangkan jalan lain yang mungkin lebih baik daripada jalan yang saya pilih untuk diri saya sendiri. meski saya pun dalam menimbang dan berpikir sewajarnya memiliki sisi pandang saya sendiri dimana dalam kasus saya pemilihan jalan ini didasarkan atas kewajiban dan konsekuensi keputusan sebelumnya yang diselingi pula oleh keinginan melihat hidup secara positif, saya yakin anda berdua memiliki pandangan anda sendiri yang bahkan jauh lebih terstruktur dan berorientasi kepada peraihan masa depan yang cemerlang, yang ingin saya tekankan bahwa saya hormati dan sejujurnya saya dukung 100%. sedemikian singkatnya pertemuan kita sehingga tak berani saya menilai anda sekalian dari kepribadian tetapi dari pengamatan saya tentang hal2 lain diluar itu mencakup kemampuan teknis dan bisnis sesingkatnya saya sebut, anda berdua luar biasa. dan ijinkan saya mengajukan argumen mengenai prospek anda berdua yang sejujurnya tidak berani saya bayangkan bila terus dalam jalan ini, sekaligus pula kenyataan sekarang yang merugikan anda sekalian berkemungkinan pula dijadikan pemacu untuk memutar haluan, kepada jalan yang lebih menjanjikan setidaknya untuk saat sekarang.

Selaku penulis yang memulai kontroversi ini saya ucapkan minta maaf yang sebesar2nya dan saya mengharap rasa lapang dada pembaca sekalian untuk melihat lebih jauh dari apa yang tertulis dan memberi perhatian kepada yang terpenting dari sebuah buah pikiran yaitu niat luhur yang terkandung di dalamnya. Demikian addendum ini dibuat, sekali lagi bukan sebuah pembelaan diri semata melainkan lebih dari itu sebuah pernyataan bahwasanya semua manusia itu tidaklah lepas dari segala kesalahan yang oleh karenanya kita masih bisa disebut manusia yang manusiawi bukan ilahi, serta bahwasanya seluruh buah pikiran, adalah konsekuensi langsung dari pemikirnya sendiri sehingga akibat apapun yang timbul daripadanya wajib dan akan diterima sekarang ataupun nanti dalam bentuk yang mungkin tidak dapat diduga. Jikalau buah pikiran tersebut asanya baik niscaya hasilnya akan baik pula sebaliknya yang buruk niscaya tidak jauh dari pohonnya. sekian tutur saya, agar maksud dan tujuan tersampaikan sebaik2nya dan dalam tempo yang sesingkat2nya.


Responses

  1. /\
    |
    |____ thanks to this g mesti puter kepala lagi buat ‘change’ ke ‘nihongo mode’ (_ _ !)
    btw g pake mother’s tongue kan.. bahasa ibu kita..

  2. Gw mah berusaha netral aja. Gw tahu ga mungkin sesuatu berjalan mulus terus.

    Gw cuma ingin kasih tahu ke semua kalo ini blog. Dan setahuku semua orang bisa lihat ini blog. Jadi kita harus bertanggung jawab sama perkataan yang kita tulis.

    itu aja.


Leave a Reply

Categories

