Posted by: rialam | July 29, 2008

intermezzo: やさしいおばあさんとの出会い

guys, iseng nih, lg in the mood for story telling, terinspirasi sama mimpi matrix, wkwk (yang ga ngerti leave it be). gw mo cerita ttg salah satu pengalaman gw di densha. sekedar cerita, ga ada makna, jg ga ada pesan yg mo disampein, jd intinya.. GA PENTING, panjang pula :p

alkisah…

selesai bon odori di fujigaoka, gw plg naek last train.. nah, disitulah asal mula cerita.. (tenang, bukan horor)

mungkin krn hari itu pas ada hanabi taikai jg di sumidagawa (inge kesono sedangkan gw sama eva ke bon odori), makanya denshanya mayan penuh, meskipun itu last train. di satu sisi gw lega jg setidaknya ga kosong & serem kyk felm horor, tp di laen pihak, PUANAS PENGAB BAU. anyway.. gw ga dapet tempat duduk, so gw bediri. nah, didepan gw ada sepasang cowo cewe & seorang obaasan duduk. cewe di kiri, cowo tengah, obaasan kanan. intinya, cowo ini rada2 aneh kondisinya, gw ga tau dia mabok ato nangis, tp yg pasti cewenya melokin dia terus n terus2an comfort him sekaligus berkali2 minta maaf sm obaasan yg duduk di samping tuh cowo krn meiwaku wo kaketeshimaimashita.. sebenernya cowonya seh ga ngapa2in, cuman sering gerak2 aja, n ga ngeganggu obaasan. yah obaasannya jg ga marah.

nah, trus akhirnya sepasang itu turun dr densha.. secara bangku uda kosong n gw didepannya, otomatis gw refill tempatnya dong. nah, maka itulah gw jd duduk di samping obaasan. si obaasan itu sembari menatap sepasang cewe cowo itu dengan mata yang penuh keheranan, ngajak gw bicara. ‘nee.. naiteru dayone..’

gw sedikit tercenggang jg wkt denger dia ngomong. pertama soalnya gw pikir tipikal obaasan kan bakal resent cowo itu n ngecap mrk sebagai org yg abis plg mabok2an, eh tp ternyata gw salah, si obaasan itu malah concerned. n yg kedua krn gw ga nyangka di jepang bakal ketemu org asing yg bakal hanashikaketekureru. nah trus gw jawabin, ‘naiteirurashii desune’. dan jawabannya lucu.. si obaasan lgsg gossip mode on dan jawab dengan simple ‘ne~!’

nah, dr situlah kita mulai bercakap2. sebenernya dr sejak dia mulai ngomong tu tinggal 3-4 eki lg sampe kita urawa, tempat gw. tp entah knp kyknya sono aida bnyk yg diomongin. padahal gw ga ngerti sebagian besar dr omongan dia, plg2 cuman 30% yg gw tangkep, gw cuman belaga ‘soudesune, soudesuka’ aja, hoahahaha.. payah neh choukai gw xp

anyway, si obaasan ternyata lg menuju oomiya (final station dari line itu). dia mo ke airport buat pulang ke hokkaido. dr oomiya lanjut naek apa lagi sampe airport mana gw ga tau dah, ga nangkep. padahal gw uda bilang gw bukan nihonjin, tp dia dengan santainya bilang, ‘tp tampang loe nihonjin’, trus lanjut ngomong dengan nada & pace yg sama.. swt…o_O

gw tny dia umur brp, knp plg sendiri. dia bilang umur 78thn, trus uda ga pny siapa2 lagi, suami uda meninggal (kalo ga salah). gw ga berani nanya soal anak, takut it’s a touchy subject. tp meski 78 dia genki bngt lho.. ngomong terus ga ada setopnya. sebenernya kalo dipikir2 imut lho.. entah kenapa.. kesannya manis. aneh yah bilang obaasan umur 78 manis ^^; abis dia setiap kali gw respons selalu bilang ‘ne~!’ (kalo di indo mungkin mirip sama, ‘iya kan~!’ ato ‘tuh kan bener!’) sembari tilting her head towards me. kadang malah kedeketan sampe gw musti draw back. lucu bngt! yah, loe bayangin deh obaasan tipe social butterfly.

dia ngomong bnyk bngt. temenya pny keluarga, kehidupan sehari2, dll.. n typical obaasan bngt, pasti ngomongin soal perang & banding2in jaman dulu n jaman sekarang. mengenai topic ini, secara nenek gw jg sering gt, gw kuwashii bngt apa cara yg terbaik utk meresponse.. mrk tmbh ditanyain ttg personal experience mrk, mrk akan tambah excited and animated, pokoknya lucu deh liat gerak geriknya. Dia ngomong soal keluarga temennya, edukasi, yukata, cara hidup, dll. and OF COURSE, seperti layaknya org yg sdh melewati masa perang, dia mengutarakan pendapatnya bahwa anak2 jaman sekarang jd amai, kurang shikkari, huahahaha.. anyway, throughout the entire talk, gw ga gt ngerti dia ngomong apa, pokoknya yg penting ‘soudesuka, soudesune’ :p

trus dia jg nanyain soal gw, bilang gw erai ke negri org sendirian. trus dia jg bilang indo adalah ‘atama no ii kuni’.. padahal gw lumayan yakin dia ga tau soal indo, huahaha. tp gw tonikaku bilang makasih aja, trus bales basa basi soal jepang.

nah, yg bikin gw jd pengen nulis blog itu gara2 kata2 yg diutarakannya pas gw uda mo turun.

Pertama dia bilang skrg uda gelap, ntar pulang hati2, trus dia jg suruh gw gambatte, n kokoro kara dia doain gw. wkt gw bilang kochirakoso, obaasan plg sendirian jd kiotsuketekudasai, dia keliatannya pleasantly surprised bngt, padahal gw cuman ngebales omongan dia.. terus akhirnya dia bilang sayonara, n kalo fate memungkinkan, moga2 kt bisa ketemu lagi. trus smp gw uda turun n nengok balik pun dia msh nunduk2 kepala & dadah2 ke gw. pada saat itu nantonaku i felt something unfathomable.. emang ga mungkin bakal ketemu lagi sih, tp it made me think of fate. somewhere in my heart gw ngerasa, ‘ooo, ini toh yg namanya fate encounter…’

fushigi na kanji.. susah dijelasin deh. but it’s a good feeling.. brings me warmth and peace. n frankly, it made my day (meski technically udah lewat tengah malem seh). abis itu gw kyknya jd ceria bngt, hati ringan, beban terlupakan. haha.. oogesa yah? but that’s what i felt then.

kesan pertama yg gw dapet dr dia sebelom mulai ngomong adalah, the typical cynical obaasan image. trus uda mulai ngomong jd kyk harmless gossiper obaasan, n akhirnya gw jd ngerasa dia yasashii bngt. tanpa ragu2 ngajak org ngomong, n menaruh concern sm org asing tanpa mengharapkan apa2, bahkan sampe kaget wkt dapet a trifling word of kindness. jujur aja, 2 bln gw tinggal disini, gw bener2 ga expect that kind of kindness from a japanese. gw rada tersentuh seh. she sorta let me see a glimpse of unconditional love outside of family circle. yah, mungking bukan unconditional love seh, keberatan… tp unconditional care. mungkin krn itu gw jd merasa uplifted. ternyata the world’s not bleak n blah blah blah gitu deh.

sebenernya gw jg lumayan sering menjadi the receiving end of an act of kindness by a stranger. gw ngerti kl buat mrk itu nothing dan bkn sesuatu yg layak dibesar2in, tp buat org yg menerima, it can create a huge impact. n i’ve been grateful for those tiny bits of gesture, in a way it had consoled me many times. these ppl.. they’re cool.. for me at least. n i’m dedicating this piece of writing to those ppl in a way of thanks, though they’ll never know. n i hoped that somehow somewhere, i’ve been or will be the giving end instead.

that’s it guys! pointless yah, hehe.. but it feels good to write this. and it’s one of my better experiences of living in japan ^^


Responses

  1. nice2.. satu2nya orang jepang yg hanashite kureru ke g selain ten in, org fct ama kanrinin, penjual yakitori langganan g.. tdk termasuk ten in soalnya ngmgnya bkn seputar jualan…

  2. Fushigi, demo yasuragi….

    Kelihatannya pas mengena yah ucapan di atas😀
    Intinya adalah komunikasi. Gw merasa dengan banyak komunikasi seperti saudari Ria ini, kita bakal merasa pandangan lebih luas. Saya rasa pandangan saudari Ria yang sebelumnya cuma ada ‘exhibisionist’ menjadi bertambah baik ^^(ngacirrrrr).

    Gw rasa obachan jg jadi terhibur setelah ngomong sama Ria, bayangin umur segituan… mungkin aja temen jg udah sedikit, pembicaraan sama anak udah ga nyambung, apalagi sama cucu. Ke mana2 sendiri, bisa ngomong2 sama u mungkin juga salah satu ‘fushigi demo yasuragi’ buat dia ^^.

  3. wakakkaka…..
    emang oobachan imut2….

    gw berandai2x….
    Ya, loe ga serem tuh, bayangin mo naek pesawat ke Hokaido…jam segono….mane ade?
    haizz….z.z..z.z
    Trus tak tau jalan hauhaua….
    Tp itu cm prasangka negatip kog.

    Org2x disini emang keliatan genki2x.
    Mereka keliatan tua kalo udah umur 80an keatas.
    jadi kalo umur 60an tu masi kek 50an diindo.

    Emang banyak kog org JPN yg baek, tp bnyk jg yg menyebalkan & licik huahauha…..

    Jd inget, masa gw pernah pas lagi bediri dikereta mo disuruh tukeran t4 duduk ma nenek2x….Lah yg nenek sape ya pikir gw? hauhaua….mungkin muka gw dah lebih banyak keriput kali ya dari dia hihihi^^

    Lu bakalan banyak ngalamin “pertemuan tak terduga” deh disini^^

  4. HIDUP NENEK2 JEPANG !!! Menurut gue, persentase keberadaan nenek2 Jepang yang jahat ga sampe 5%. Sepanjang hidup di sini, di mana2 selalu dibaekin ama nenek2, mao kanrinin, tukang jual2an, terus, walopun mank cepet, tapi, jauh lebih jelas daripada kakek2. Kakek2 bener2 pake bahasa tempo doeloe dan ngomongnya ampir ga buka mulut, jadinya kedengeran kumur2

    Buat Ria, coba deh, bersilat lidah ama kakek2 ! Tapi, ati2, ada kakek2 yang mukanya pervert ! (kayak 藤が丘の佐藤じちゃん, huehuehue)

  5. belum ketemu tante tante yang mau kasi ramalan kan??? huehehehe

    kakek2 yang pervert ada satu lagi tuh,

    横浜支店の大先生:立川様

  6. udah ketemu tuh yg yokohama… ngeliatin ria molo :))

  7. gila lu nyindir gw ya win……
    apa lu sendiri pernah ketemu???

    soalnya gw pernah tiba2 dipanggil tante2 trus diocehin macem2….gw kagak ngerti trus terakhir baru dia bilang ramalan….swt dah -_-‘
    serem choiii…ga pake debu

  8. weqs panjang umur…kog kita balesnya barengan sih van???
    hauhauhaua

  9. pernah tuh ketemu di meguro pas mau ke gereja. si tante sihir, masih belajar pula katanya, gimana kalo salah?? gimana kalo garis tangan gw ntar belok?? pliz deh tan!

  10. ih iya 2.23 khukhukhu

    makanya garis tangan ukir sndr wkwkw

  11. huaduhhh… pinggang sakiiitt T.T seharian tidur2an di rumah, bosen abis. keknya bentar lagi ikutan jd nenek2 nih.. *depresi*

    kalo ojisan yg di fujigaoka sih udah liat, 2x malah. kaget gw waktu dia ngomong pake bhs indo, haha.

    emang pervert yah? ga keliatan tuh..?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: