Posted by: iwanbudi | October 6, 2008

Tips dikit utk hidup di Jpg

Nah ini yang paling memusingkan. Pada saat gw tiba di Jepang ini, 1 yen = 89 rupiah. Kalo gw itung2 makan rasanya tuh mahalllll banget >.<, bayangin aja sekali makan bisa 400yen minimal (kira2 36000 rupiah) amponnnn senut2 rasanya ini kepala. Mau apa2 kerasa mahalll banget.

Nah kemaren ada tips dari Jo, tipsnya yaitu 1 yen dianggap jadi 10 rupiah aja.

Anggap gaji kita 200rebo yen = 2juta rupiah, jadi kalo makan di sini emang 500yen itu lumrah, warteg aja segitu soalnya. Malah dalam beberapa hal kita merasa sedikit terbantu, misalnya dalam peralatan elektronik, kalo prinsip ini diterapkan maka peralatan elektronik akan terasa lebih murah daripada biasanya.

Nahh tips gw yang berikutnya nih, waktu sebelum masuk ke mise…. LIHAT DULU DAFTAR HARGANYA, biasanya terlihat di luar harganya mahal, yaa…. ga usah masuk. Kalau udah lihat harganya dan udah masuk, jangan lagi pikirin harga, ini penting!!! Kalo kita pikirin harga dan waktu makan terasa ga enak… Makanan itu bakal kerasa 10/20x ga enak, percaya aja ama gw. Gw sih cocok dengan makanan sini, cuma semua serba babi dan sapi, untuk Bayu ga usah kawatir soalnya Sapi tu banyak banget, ayam yang sedikit….

Kalo cari IT senmonyougojisho, beli di sini aja! cuman 105 yen, kemaren baru beli di bookoff, buku apapun ada korting mayan gila.

Kalo kalian berangkat tar, siap2 jaket… di sini dingin sekali, kita tu tinggal di bukit, jadi bener2 dingin.

Siap2 dompet kecil simpel buat receh, di sini receh berguna dan rangenya mayan gede (1,5,10,50,100,500)

Siap2 sandal utk jalan2, gw ga nemu size gw di sekitar sini hiks…. kelihatannya musti pigi agak jauh baru ketemu

ok segini dulu dah, mo berangkat sebentar lagi ^^ ciao…


Responses

  1. huahahahahaha… nasib kalian tinggal di fujigaoka dari pertama.. pasti diajakin boros *ngelirik org yg suka ngajak karaoke & jonathan* hehehe..

  2. Ahahahha sebenernya sih ga boros2 amat cuma belom terbiasa aja , gimana dengan Anda Bu? kelihatannya sekarang bisa ngajak gw jalan2 di sekitar machida nih… ahahhahahah

  3. saya jg akhir2 ini boros >.<;
    blum jalan2 ke machida yah? yok, mumpung renkyuu neh.. kemaren cuman ke karaokenya doang kan?

  4. ntar kalo dah ada kerjaan, biaya hidup bakal terasa lebih ringan kok

  5. mrk mana pernah ke karaoke sana ia…. mimpi u?

  6. oiyeye…. weh.. lupa >.<

  7. gw jujur merasa bahaya nih soalnya rasanya makanan di sini enak2 ahahahhaha minumannya jg enak2. Tapi di akasaka ngantuk banget gw… ancurrrr


Leave a Reply

Categories

