Posted by: berumon | October 29, 2008

BELMOND – HAIZOKU (sumpeh lho??)

Halo semuanya… iya, kata2 diatas (title) masih terngiang2 di hati dan telinga gua… Tadi waktu di kelas kurang lebih jam 4 ada pengumuman beberapa orang akan di haizoku.. Yah, karena termasuk pendatang baru dan belum merasa cukup dengan kemampuan dan nilai, yah gua denger2 sambil agak cuek aja… tahu diri tapi pay attention aja gitu… Eh, ternyata setelah orang pertama yang dipanggil, nama berikutnya yang dipanggil adalah nama gua.

Saat itu pengen gembira, tapi terus terang yang ada adalah sejumlah pertanyaan dan ketakutan. Bukan maksud menganggap diri rendah, tapi hanya mencoba untuk objektif dengan prestasi diri sendiri. Selama belajar Jepang, nilai reading gua ga pernah lewat 60 (untuk ujian FCT). Udah hampir 6 kali ujian dan semuanya ga lewat. Mpe bingung juga sih harus gimana lagi. Jadi masih merasa perlu usaha terus aja, sambil yakin di hati bahwa gua pasti bisa kalau usaha. Dan akhirnya begitu pula dengan nilai ujian gua yang terakhir. Nilai yang lain lewat kecuali nilai dokkai. Yaudah, jadi pas interview juga santai aja. Yah, sempet doa sih sama Daddy biar dapat favor dari bos. Waktu interview, ga ada pertanyaan yang sulit. Gua lancar2 aja cerita dari mulai kesan tentang jepang, makanan jepang, ofuro, densya, dll. Ada salah bunpou dikit2 tapi menurut gua bisa lewat dengan biasa aja, masih lebih tegang mensetsu dengan sensei gitu. Tapi ujung2nya juga ga banyak berharap, tahu diri, dan tetapin target di hati setidaknya akhir tahun ini bisa haizoku.

Eh, entah kenapa keadaan hari ini berbicara lain dan membuat seribu tanda tanya dalam pikiran gua. Banyak melihat dan berpikir mengapa tanda2 itu ada di kepala gua dan sampe sekarang tetep tidak ada jawabnya. Gua hanya cukup simpati ngeliat teman2 yang jauh lebih layak rasanya untuk gua (objektif dengan melihat kekayaan kosakata, pembuatan kalimat, kemampuan mengartikan kalimat, dan kaiwa di kelas). Gua cukup merasa FCT membuat gua bingung dengan ini (tepatnya membuat semua bingung) karena tidak ada standar penilaian yang baku. Kadang2 dalam penilaian seperti ada unsur subjektif dari senior manager. Kadang membingungkan, tapi kadang menguntungkan.

Dan karena sampe sekarang gua belum dapet jawaban, gua besok pengen maju ke sensei untuk konsultasi masalah ini. Kalau belum puas, gua mungkin pengen maju ke senior manager langsung. Gua cuma pengen perusahaan kasih kejelasan soal standar kelulusan, biar gua juga bisa menjawab semua jawaban orang yang mungkin di masa yang akan datang mampir di telinga gua, dan membuat kaki gua melangkah mantap ke dunia kerja Jepang.

Thx untuk semua temen2 yang banyak kasih saran ke gua akan hal ini. Semuanya menjadi referensi untuk gua. Gua akan update posting ini setelah mendapat kabar atau kejelasan dari pihak atas.


Responses

  1. Belmond di-haizoku…

    Gw hanya menyayangkan hal2 berikut:
    1. Ga ada lagi orang yang bisa di-ijimeru selama di kelas. Bakal membosankan tanpa ada yg bisa jadi bahan bulan-bulanan.

    2. Pinjaman DS berkurang satu (gw ga punya DS lho!!). Tapi kalau Belmond mau bermurah hati mah, DS-nya bisa dipinjamkan ke gw selama matahari bersinar….😀 ntar klo udah matahari terbenam baru gw balikin.

    3. Orang yang bisa diajak pulang cepat berkurang 1. Biasanya Belmond suka balik cepat karena pengen cepat2 ngobrol dng calon istrinya tercinta. Hm…..

    4. Ga ada lagi orang yang bisa jadi tameng untuk tanya2 hal penting ke KC. Kan kalau ada Belmond, KC akan bicara dengan suara leeeeeeeemmmbut sehingga Belmond pun kesengsem.

    Jadi, intinya….. selain dari hal2 di atas, gw dan yang lain2 tidak memiliki keberatan dan justru cukup senang dengan peristiwa Haizoku yang penuh kejutan dari Mr. Karjo & The Company (Karjo, Inc).

    Sekian, dan terima kasih.

  2. KC siapa teh?

    wah, belmond, congratz yah!! jd history maker nih, hoho..

    ayo mon, berjuang trus yah, gmn pun jg. walau bimbang, walau bingung, walau heran, walau kesengsem.. lho?!

    kalo gw sendiri seh gak heran belmond di haizoku. kemampuan gak diliat dari bahasa jepang aja toh? tp semoga loe dapet jawaban yg bisa memuaskan loe..

    hehe, pulang2 langsung lapor ortu n nadia dong yah ^^

  3. KC itu kakak cantik baik hati (yamane). Mungkin bisa dibilang ibu cantik baik hati kali ya….hehe
    Btw, tadi gua dah ngomong dengan rokuta sensei. Dan dari pertama dia dah bilang jangan ngomong ma kawashita langsung. jadi gua soudan dulu ma dia. dan u know what, dia ternyata ga sadar kalo nilai gua mada tarinai. Terus dengan cepet2 dia cek ulang nilai gua dan kasih tahu sensei yang lain mungkin, terus kembali ke gua. Dia minta maaf atas kelalaian dia, dan dia tetep yakinin kalo gua layak lulus.. karena ini dan itu….. tapi gua tetep ga puas dengan jawaban itu….
    Dan akhirnya gua lanjut untuk discuss dan gua ngomong kalo gua pengen kalo gua ke shiten dengan mantap, dan tidak menjadi kerugian untuk perusahaan juga. Akhirnya setelah gua ngotot, akhirnya dia memutuskan untuk ngomong ke kawashita juga siangnya.
    Setelah makan siang akhirnya sensei kembali dan bilang ke gua, kalo cara nilai kawashita untuk dokkai itu tidak dilihat dokkai saja, tetapi nilai dokkai digabung dengan nilai bunpou. Jadi gua dibilang lulus dan titip pesen supaya gua ga perlu cemas. Tapi intinya emang di keputusan itu ada di tangan kawashita dan dia utamain komunikasi (kaiwa)…
    Mpe sekarang kadang gua masih pikir negatif soal ini sih. Tapi yang penting gua dah berusaha untuk fair dan minta reconsideration dari perusahaan dan keputusan tetap sama. Dengan itu, gua bisa dengan mantap maju ke shiten, karena keberadaan gua di shiten adalah mutlak keputusan dari fullcast.
    Gua masih kaget dengan ini, belum bisa senang, karena masih ada rasa kurang percaya diri. Tapi thx untuk iwan dan temen2 yang lain yang selalu dukung gua. Gua cuma bisa janji untuk lebih bekerja keras lagi supaya kesempatan (atau lebih tepatnya anugerah) yang Daddy kasih ga lalu gitu aja. coz the best is yet to come….
    Thx guys…. Buat semuanya, gua ga mau ketinggalan atau ninggalin, ayo bareng2… GBU ALL

    NB : Gua dihaizoku ke tokyo. ga jauh2… hehehe

  4. congratttttttttttt^^

    Dan buat yg masih menanti…..
    Ayo semangat!!! JAngan putus asa….

    Menurut gw, lu ga harus jago banget, lu ngga harus apal tu semua bunpo[huehue nunjuk diri sendiri]…buktinya grafik segiempat gw selalu peyot…ada yg ga lulus^^

    Tapi yg penting interviewnya, lu bisa nyenengin org yg diajak ngmg. Lu harus bikin mukanya yg tegang kek karet ketarik jd lentur lagi. Lu harus bisa bikin mereka tersenyum intinya[paling engga angguk2 d]…

    Makanya gw dulu waktu masih jamannya nunggu interview, gw memohon2x semoga paling ngga gw dikasi kesempatan buat diinterview sekali aja, jgn cm liat kertas CV doank……walaupun omongan gw belepotan, bahkan gw ga ngerti kerjaan gw apaan…hajar terusss…..

    Oy, buat yg suka pada tegang pas interview… Mgkn lu tegang n ngga ngerti apa yg diomongin lawan bicara…nah saran gw si tanya ulang trus sambil angguk2 hauhauha……klo beneran ngga ngerti lu harus pinter2x ngeles cari topik laen.

    Dan satu lagi, daripada mereka yang nanya banyak2x kenapa ga kita balik keadaannya. Jadi abis jawab pertanyaan, siapin satu pertanyaan yg kira2x ada hubungan.

    Ato bilang aja…hummm maap mo nanya boleh ngga?….nah abis itu baru d kalian yg nanya biar dia yg jawab jadi kita cm manggut2x aja^^

    Jgn tegang ngadepin karjo, dia ngga suka org yg mencla mencle…jadi to the point aja. n kalo jawaban dia menohok hati, terima aja. Jangan dilawan, dan sebaiknya pinter2x baca keadaan dia. Jadi tanya aja lgsg kapan kira2 bisa lulus, trus kalo bahasa jepang aku jelek kudu gimana, ato aku ga pede nih trus buat jagoin diri harus gimana…..

    OK! gud luck ya^^ ga ada lagi pulang cepet kalo ud kerja wakakakka…..

  5. congrats buat belmond…history in the making nih. paling cepet buat orang dari indo nih. hehehehe.

    cuma ada 1….kita semua udah sedih, khawatir, takut pisah sama belmond, takut dia dipindah, paling nggak ketemu cuma di dorm aja….eh, setelah hari ini pengumuman shiten….ternyata…..tokyo shiten…capek de…..
    pergi bareng, pulang bareng, gak ada beda ini mah…

    tapi belmond pasti seneng, bakal sering liat KC kan😛. hohohhohoho

  6. Omedetou !! Mon2… Kalo kurang PD ama bahasa Jepang, sering2 ngomong az ama KC itu, oh ya, dari dulu, uda kepengen2, liat dunkz, muka KC kayak apa seh ?? Ada fotonya ga ??? Gosip2nya super cakep banget ya ?? 拝見させてくださいませ!!

    Kalo loe dibilang layak lulus, pasti mank karena loe layak dan punya strong point yang mungkin loe ga sadar.

    Kita mesti rendah hati, bukan rendah diri. Kalo loe merasa ada yang kurang, jadiin motivasi loe buat belajar yao

    Oh ya, walaupun kondisi FCT lagi kurang mendukung, tips, buat cepet dapet kerjaan, sering2 ngobrol ama para 営業 yaa, sebisanya, kalo ada kesempatan ato waktu, ngobrol ! Kalo ga ada kesempatan ato waktu, buat ! Bilang az, mao 相談 ato mao curhat ato apa kek, kalo kelamaan, bisa2 kayak nasib gue di Yokohama Shiten yang 6 bulan 待機, akhirnya dapet kerjanya di Nagoya…

    頑張れ!!アチャ・アチャ・ファイティング!!

    Jangan lupakan foto KC Yaa !! Hohoho~

  7. gong xi buat bos belmond ^_^ dahh hajar aja mon, ngapain pusing2 nilai gak lulus.. kita bedua nilainya gak lulus jg kan pas ujian terakhir FCT ^_^
    nilai mah gak ada hubungan ama kemampuan.
    selamat yaa bos…

  8. gubrax!! anti climatix to the max, huehehehe..
    duh duh, ternyata KC itu toh.. tp gak usah loe yg cowok mon, gw aja ngerti sama miryoku dia, huahahaha..

    hayo lho mon, mulai sekarang musti siapin mental & kesadaran diri.. gak boleh tergoda!! :p

    selama di shiten sebisa mungkin biasain sama all japanese environment mon, jd gak kaget kalo msk kantor loe musti terus2an pake bhs jepang.. pas pertama masuk kantor pas cape mental deh, soalnya gak bs pake bhs indo seharian, n apa yg loe mo ngomong harus loe pikirin dulu gmn cara ngomongnya, padahal mo ngomongnya secara spontan.. pasti frustasi.

    itu doang seh yg musti di kakugo kalo menurut gw. soal hal2 yg laen, don’t worry, loe pasti belajar as you go deh.. you’ll absorb and learn along, jd tenang aja mon, have confidence! ^^b

  9. Gw cuma berharap kalo u bisa nyesuaiin diri secepatnya di sana. Gw lihat lo pasti jadi bahan ijime baru di tempat baru hohohoho.
    Btw 5 orang dihaizoku, 5 orang tempatnya lain2 nih… jangan2 kalo misalnya sisanya kita dihaizoku bebarengan kita pasti mencar2 kaya dragon ball ya>.< hikss kadang jadi sedih dikit kalo mikir ini…
    Ya uda de, congratz mon. kalo rindu kentutnya temen kita(wakakakkakak) silakan mampir ke kenshuushitsu lagi.

  10. gilaaaa belmonnnn mantap dahhhh!!!
    bikin “daddy” dan nadia bangga… wakakakak…
    good luck for the next step bro!

  11. itu 100% salah daddy mon… makanya ati2 sebelum minta… dah tau sih daddy gt… ngasi2 aja… minta sembarangan…

  12. u evan : hahahahahaha….
    u leo : hahahahaha… kangen ma “belmond belmond belmond belmond belmond….”
    u riky : hahahahahaha…. thx ya bos untuk dukungannya…. sukses juga parung netnya….

  13. update plisss……….

    ayo adi, pamerin foto2x selama disini huhuhu…

    trus dulu yg foto2x sensei mana hihihi…orgnya ud ga aktif disini ya^^

    ayu dunk yg di indo yg di jpn, tulis apa aja kek^^

  14. inge lg bosen di kantor tuh ^^

  15. abisnya ria sibuk ama ehm2x terusss sichhhh hahahaha……….

    bored………arghhhh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: