Posted by: choidebu | May 13, 2009

Lone wolf in a certain west mountain

duh pengennya nulis tp yg bagus, menginspirasi gt… tp karena feelingnya lg lonely, ya apadaya tulisan g jg jadi bernuansa blue.

so g dah di Osaka selama 2 bulan 18 hari, and kesepian banget.
Osaka gimana? klo ditanya, enak, orang2nya lebih ada ekspresi lah dr orang2 Tokyo. Diajak ngomong pun nyaut. Ten-in nya kasar tp at least ngomong. Obachan ma Occhan disini lucu2 (well assuming u understand them, which I, mostly, don’t. But actually that’s the part that’s funny ^^), koe wo kaketara atarimae no you ni henji ga kuru. Apart from my past impression that Osaka jin lebih terbiasa ama Gaikokujin, ternyata enggak, lebih biasa orang Tokyo ternyata. Tapi ini dari sisi penggunaan bahasa ama image yang mereka punya terhadap Gaikokujin dimana g dapet impresi begini. Dari sisi dialog sih lebih luwes, karena kita dianggap dah ngerti Nihonjin aja gt, cuek aja mrk pake kata2 susah yg sdh dipastikan dikasitau kanjinya pun ime-ji tsukanai.

Tapi dalam satu kesempatan berbincang dgn seorang tenchou sashimi-ya yg tua baik hati, dia bilang Nihonjin itu bukan berarti ngerti jelas satu sama lain pas ngomong. Justru karena Nihongo banyak kata2 aimai nya mereka bisa lancar ngobrol. Semua bisa ngobrol tanpa merasa offended. Kata2 ambigu goes a long way, if i can sum up his talk. Setelah ngobrol ama dia g jg ngerasa lebih pede untuk sok2 ngerti omongan orang meski benernya gk ngerti bener-bener-BENER yang dia omongin, hehehehe. Jangan ditiru yah😛
Tp menurut temen2 g g emang dr dulu gitu kok, sok tau aja asal ngerti – padahal dingerti2in.

2 bulan setengah n no friend >.< Kalo 1 ampe 1 stgh bulan pertama ngaku gk punya temen masih bisa iiwake, bilang gk pny duit gk bisa keluar2 terus… Tp sekarang yg mayan dah antei gini mo alasan apa lagi??
Lah trus Internet gimana? YM dunk.. Chatting bro… fesbuk coy…
Ini dia nih. Lama2 g dah alergi abis nih ama yang namanya YM. Entah kenapa. Lama2 ada kali yah cetingfobia.
Temen2 lama dah gk dikontekin, Nyari temen pun enggak. Like my life stops here.

Kerjaan? Enak, lovely ppls, friendly, yg pekerja keras ada, yg ozappa macem g ada, tukang minum ama ibu RT yg sendirinya mengaku obachan tp sama yang lain dibilang obahan dibelakangnya jg ada… (obachan ama obahan itu beda ternyata, quote dr temen kantor, obachan to iu no ha, tada no obachan dakedo, obahan to iu no ha, obachan no SARA ni shinka shita obachan no joutai da. Keren yah, obachan ada bankai nya, huehuehue.

Kerjaan rumahan itu ternyata capek yah. Gk sebanding ama kerjaan ngurus kamar kos. Di kos kalo debu numpuk males bersihinnya, turun aja kebawah nonton, balik ke kamar cm buat tidur. Kelar masalah. Di rmh debuan? beuh… pernah liat debu yg bisa berkembang? Jadi kek bola kecil gt, ditiup angin jalan2. Hiiiiii.
Nyuci. Bukan baju, PIRING. Halah u pny berapa sih van… 3, but i hope cm pny 1, soalnya sink g yg seamit2 kecilnya. Kangen banget ama sink di Fujigaoka.
Punya IH sendiri jg cape. Gak dilap gak tega. Ditinggal minyak-an gak tega.

n g baru tau NHK itu bayar… 2600 yen per 2 bulan. G sempet kira itu sagi pas ada orang dateng nagih. Banyak yg aneh2 kalo udah rumah yh, pernah didatengin orang nawarin Inet yg ngelongok2 dalem rumah gt… padahal g dah blg g udh nyambung inet. Ada jg obachan yg ngasi buletin 倫風, semacan sekte kepercayaan gt. Kaget g pas buka pintu langsung disodorin buletinnya, “gomenne, shukkyo toka soiu mon janai kara, mite itadaitara….” n udah dia turun tangga aja gt. Gak niat nginjilin apa yah…..

Ada obachan yg gara2 g nanya jalan pas di sepeda jadi diajak omong sepanjang jalan soalnya searah…. occhan2 yg marahin g gara2 naek sepeda gk bener.. occhan yg hampir ngasi ikayaki gratis padahal dia gak jual sebenernya (takoyaki senmonten) tp g maksa jg..

Pulang ke rumah rada2 kokoro bosoi akhir2 ini. Apa mungkin gara2 baru pisah ama Honey abis golden week-an, itu jg bisa…. tp intinya got nothing to return to. I still got my projects… n banyak yg mesti dilakukan (baru beli wireless router neh, tp lom di setting).. tapi tetep aja rasanya gk pengen pulang tiap hari. Pengen baca tp gk ada tempat duduk….
Jendela g pas buat duduk baca tp kalo udah pulang dah gelap aja di luar, mana mood…

Berani bayar sepi untuk ketenangan? Berani bayar soft, non-serious chit-chat untuk privacy? raison d’etre untuk antei na seikatsu? It’s all trade-off. Itu yang g rasain belakangan ini. Masih adakah jalan tengah? the gray zone? even gray zone is a trade off untuk kejelasan, real growth. Be as cunning as a Snake and innocent as a Dove… salah satu quote bible yang paling g suka tapi paling susah dimengerti gimana bisa begitu.

I admire Nihonjin for their restlessness, kerja kerasnya, team communication yang seragam, ikki. Tapi i also see some trade-offs disana. I won’t say those ini here btw. Not that occasion yet. Dulu pas kesini dalam hati ingin belajar dari orang Jepang, tp tujuan hati itu sekarang goyah. Atau g cuma males, merasa gk mampu ngikuti mereka jadi cari2 alasan? Pas ketemu rombongan orang Manado yang kerja di ibaraki ken, yg plg tua kelihatannya nanya g ama Ria udah terbiasa gk disini, lalu membalas lagi dgn blg ucapan standar ortu2 Indo “Ambil yang baik2nya aja, yang jelek jangan.”
Tapi apa bisa ya? Ulang: Apa G bisa ya?

Anyway udah pagi jam stgh 3 n g mesti tidur spy besok bisa bgn jam stgh 8… gak nyambung desukedo FYI aja banyak buku2 SE disini yang practical n business centric lho…. SE survival guide, soal mitsumori, seikyuusho, shiyousho, project planning jg ada.

Sampe kesempatan berikutnya!!!


Responses

  1. van, i got those feelings too. worry you do not.
    it’s like those were japanese people’s habit? unless you really have a japanese friend (real friend!), they wouldn’t bother to even ask you to go out.

    tapi mgkn lo lebih enak van. bisa ada kejadian ngbrl sama obachan/han atau ojichan. disini….well…shizuoka as like shizuka….it`s really really quite.😀.. bahkan g rame dikit sama iwan pas kmrn2 aja tetangga sebelah lgsg protes dan kasih laporan ke kantor, sampe g sama iwan di chuui dan kalo ribut lagi bakal disuruh pindah, bahkan orang2 china dibawah yang tak bersalah pun harus pindah…padahal itu iwan baru aja beli speaker. hehehehe….g disini bener2 merasa kehidupan g ya rumah dan kantor, sampe akhir2 ini g merasa pengen banget balik tokyo biar bisa liat2 pas balik kantor. g sama iwan akhir2 ini suka jalan2 bareng iwan gara2 stress….

    sabar van, jalan masih panjang, sapa tau lo bisa cari kesibukan di tempat lain. tapi kalo lo sampe despo bgt ini mah prediksi g gara2 baru ditinggal ria balik tokyo d. heheheh….

  2. @adidotz
    > g sama iwan akhir2 ini suka jalan2 bareng iwan gara2 stress….

    emphasizenya ke “bareng iwan” nya yah?😀

    @mas bromo
    van van, lu koq jadi kedengaran, maap, kayak belmond sih? well, g jg bentar lagi akan merasakan kehidupan u sih… jadi mgkn bakal whining2 kek u jg hahaha

    • enak aja, g bukan emphasize ke situ, cuma faktanya g emang jalan2 bareng dia.😀

      • abis sampe 2x sih wkwkkwk

      • ciehh ciehh wekekeke

  3. lupa. edwin crita dia barusan ditagihin nhk jg. orgnya pura2 minta liat remote tipinya ada logo ps apa ga, begitu dikluarin dikasi tau dia org nhk. suruh bayar saat itu jg, dan akhirnya pake swap atm.

  4. Haha. Gw baca postingan si Evan tadi pagi di kantor (mencuri waktu neh jadinya), dan setelah balik ke ryou gw kaget krn langsung ada 4 comment. 今朝はぜんぜん注解がなかったのに。。。

    Saran gw van, coba cari perpustakaan terdekat dari apato loe. Ke sana bukan buat baa buku sih, tapi klo perlu tidur…. hohoho. Daripada menyendiri di kamar sendirian, mending ada di tempat umum yang paling ngga masih ada 人の気配. Mulai akhir bulan 6 gw juga bakal tinggal sendiri, kemungkinan besar di wilayah Saitama (I give up the hope to work in Hokkaido).

    Btw, gw paling bakal beli tiket Tetsudou Hakubutsukan untuk setahun, karena cuma 3rb yen. Dan kalau lagi kesepian, paling2 gw bakal menghabiskan waktu di sana. *Gw bener2 jadi Densha Otaku neh; kebiasaan masa kanak2 yg kambuh lagi waktu dewasa.*

  5. tq all terutama adi, jd tidak merasa sendirian at least g.
    nhk ka… soro2 mesti bayar keknya.. padahal ntn tv jg senin kemis..

    benernya yah yo, diem aja dikamar jg ada kok orang2. kedengeran. cm namanya feeling alone yah, di tengah2 shibuya lg rush hour pun jg bisa ngerasa sendiri..

    eh u nyebut densha otaku, g saikin keliatan bukunya densha otoko yg asli, antik lho yah, isinya bulbo post tok. n tadi di densha g br liat orang yg lg baca itu. beli gk yah…

    • wah, boleh minta judul bukunya van? seru sptnya.
      don’t worry you are not alone, there are 7 of us here in japan😀

      • judulnya yah densha otoko. penerbitnya 新潮文庫 pengarangnya 中野 独人.
        gw pernah liat di bookoff.

  6. mas bromo, kok gw baca tulisan lo yang kebayang cinta laura sih .. hahahaaha, lo pasti lagi suka st12 deh, ngegabung2in inggris – indo .. ini salah satu liriknya “i’m sorry, ku tak akan love you lagi”, virus lagu ini udah gw sebarin ke ponyo dan liongson, dan tampaknya mereka setiap malem selalu ngedengerin lagu ini sblm tidur..

    anyway, kalo lo ngerasa sepi, kayak gw aja .. karaoke sendirian wakakakkaka. wong di tokyo gw masih punya temen aja selalu ngerasa sepi, apalagi lo yang sendirian. wong si eliz aja yang lahirnya di jepang tetep ngerasa sepi, apalagi kite yang lahirnya di indo hahahah .. intinya jepang itu emang sepiiiiii … krik krik …

    tapi mnurut gw sih perasaan sepi lo gara2 baru ditinggal ria aja, ntar setelah seminggu juga balik ke normal lagi .. gw stelah liburan panjang di indo (ehmm .. 5 hari doang .. krik .. krik ..) juga ngerasain sepi pas balik ksini .. jadi emang wajar lah,

    telen aja van, bagus kok buat pengalaman lo nantinya. gw juga udah pengen ngebom kyocera dari taun lalu, tapi setelah lewat setaun gw buktinya tetep bertahan disana … walaupun skarang tiap hari rasanya pengen nonjok bos gw dan nampol senpai gw .. tapi tetep, gw telen aja deh gak enak gak enaknya.

    tapi intinya, gw cuma mau ngasih satu ajaran : “gomen ne, shuukyou toka so iu mon jyanai kara, hitori de karaoke ni ittara … “

  7. intermezzo: st12 yg nyanyi “sumpah i love you, i miss you..” bkn?

    anyway, bener banget, jepang sepi.. gk tau karena orgnya to pengaruh jauh dr keluarga.. gw jg selalu komplen ati gini ati gitu, tp dalam hati jg mikir seh, enak jg ada dia.. setidaknya sebelah tuh gk kosong, n ngomong jg nyambung, gk usah susah2 mikir bhs jepang dulu..

    tp iya van, aku jg lama2 menghadapi org jepang jd ngerasa apa aku BISA yah?? serasa ada dinding yg gk bisa dilewatin.. udah berkali2 coba mikir positif, dicoba2 lagi pasti bakal bisa.. tp jg udah berkali2 putus asa nih.. bener2 serasa GAK mungkin. n jd ngerasa kalo tinggal disini cuman sesuatu yg harus di tolerate daripada sesuatu yg harus di enjoy.

    trus soal GW.. pas baru sampe tokyo jg rasanya sepi bngt. sepi to iuka, keilangan kali yah, haha.. masih pengen libur, masih pengen nyantai maen2.. kerasa bngt, udah biasa sehari2nya pulang sampe rumah masih ada yg diajak ngomong. kerjaan pun jg jd gk berasa, tau2 kelar.

    dibilang lama2 jg biasa lagi jg bener sih.. tp tetep aja gk enaknya membekas di hati, cie elah.. makin lama makin jd curhata ini, haha..

    tp conclusion yg aku dapet sih, disini org rata2 perasaannya usui.. sampe percakapan pun usui.. tp kita jg salah krn bertanggapan negatif dan punya instinct utk ngereject hal2 sktr kt, jd serasa tambah usui lagi.. makanya kt gk pny sense of belonging disini.. (‘kita’tteiuka, ‘gw’ :p)

    tp kadang2 hal2 yg kecil2 itu yg bikin kita semanget lagi.. aku pernah bilang kan, ‘stranger’s act of kindness’.. di osaka, igainimo, siapa tau obahan tachi bisa jadi sumber semangat lho, hihi. semanget hon!

    • ohhh….aku kamu nya mantap ri. makin fluent aja nih sama aku kamu😛.
      btw, kemarin g juga ngerasain pola pikir orang jepang yang aneh.
      2 minggu ini tiap sabtu g n iwan ada nomikai, 1 sama temen kantor, terus sabtu ini ada event bowling sama orang kantor, nah, ada 1 orang jepang, si T, ngajak buat pergi minggu depannya lagi, dan minggu depannya lagi. pas g bilang, kayaknya g mau nabung dulu, jadi ga pergi dulu d, enryou dikit, masa dibilang “tsukiai ga warui”…..NANI???? ini pertama kali g istilahnya refuse. dan itu cuma buat minggu depan doank….masa tsukiai dinilai hanya dengan sekali penolakan. sh*****t…..

      well…shikataganai na…..

      • itu becanda apa bukan? nomikai bukannya dibayarin?

    • miss u too hon T____T

  8. Mas Bromoへ (何でBromo ??)

    Ngerti banget koq, sama persis pas aye k Nagoya pas pertama kali, temen ampir ga ada sama sekali . (well, ada Deddy seh, tapi…), uda stress, pengen joget2 dan lari keliling asrama dan teriak MERDEKA !!

    Tiap ari di kamar az, temen ngobrol paling orang2 asrama, tapi, cuman sebatas ngobrol tok.

    Terus, pas gue pindah ke Oracle, itu baru deh rasain yang namanya menjadi orang yang kesepian. Bener2 sepi abis, orang asrama yang dingin2 dan asrama yang super suram, uda bener2 kayak asrama hantu. Tiap weekend cuman jalan2 sendiri dan ke gereja az. Teman ngobrol cuman ada di gereja dan chatting, tok. Chatting juga cuman ama keluarga (gue mank 苦手, kalo ngobrol2 di chat, sering abis topik, jadi krik krik krik)

    Terus, temen2 kantor yang berbahasa Hang Gul yang gue ora ngerti dan atasan2 yang susah bener diajak nyambung kalo bercanda…

    Tapi, setelah dipikir2, karena jauh dari temen2, ini kesempatan buat dapet temen baru, akhirnya setelah coba2 macem2, mulai dapet temen2 seh, dan here are the tricks : coba az join Mixi, ato Facebook, cari orang2 Indonesia ato orang2 Jepang yang interested ama orang Indo (apalagi loe orang Bali, Japaneses LOOVVEE BALI), terus, kalo mao, coba az ke gereja kalo sempet, sopo tau, bisa dapet kenalan yang nyambung

    Tapi, fakta yang ga bisa dipungkirin seh, sampe sekarang, gue ga punya temen bener2 yang asalnya dari kantor. Kayaknya kalo uda satu kantor itu, ntah napa, kayak uda ada tembok business associate ONLY (kecuali orang2 luar yang 1 negara seh). Makanya, carilah teman yang non-kantor

    Dan, 1 saran lagi, JANGAN ikutin joke Jepang (tapi, mungkin Osaka ok kali ye). Gue uda cobain ikut2in joke2 jayus mereka dan akhirnya selalu jadi “krik…krik…krik…”. Kyaaa, I don’t wanna be Japanesized.

    Dan, kalo mao berhemat dan cari kenalan, coba cari klub2 gratis terdekat. Gue dapet klub belajar Chinese gratis, hohoho. Kebetulan, gue juga mao belajar Mandarin (baru diajarin Pinyin seh, tapi…)

    Dan finally, there’re always Kuso (Markus) dan adik gue. ご連絡の上、ご利用ください。

    Oh yeah, one more thing. Walopun mank sejak pisah dari temen2, jadi negative thinking geto, tapi, coba liat dari sisi positifnya az. Just enjoy. Misal : ada HP, jd bisa telp2an, ada sang 蜂蜜, dan ada lagu “putus nyambung”, (tidaaaakk, gara2 Unko (Rendy), jadi terngiang-ngiang di kepala.

    Oh ya, minta tolong, kalo sempet, cari yang namanya プリンケツプリンケツ dunkz, itu nama group dansa Osaka terfavorit gue. Coba liat karya2 mereka di Youtube deh…

  9. @ria : waduh tampaknya lo lebih detail dari gw ri … eh salah, kamu lebih detail dari aku ri ..

    @adi : anjrit jepang mana tuh? jepang gunung tuh di .. orang batak yang masih bar2 selalu gw bilang batak gunung, nah ini versi jepangnya kayaknya. tanya ke dia di, doyan makan anjing gak? wakakka

    @ria lagi : kata2 lo bagus juga ya ri, kayak semacam quotes … “hidup di jepang lebih seperti sesuatu yg harus di tolerate daripada sesuatu yg harus di enjoy” .. haha.

    • salah deng ren, ternyata itu mahadewi yg nanyi, bkn st12, wkwk

  10. gua ga jago nulis van…ngomong aja masi lom becus…
    heheheheheh
    so entah gimana cara ngomongnya…
    pokonya intinya klo gua sih pasti cari kesibukan…
    daridulu gua kaya gitu…
    klo dah mulai ngerasa kesepian…gua cari kesibukan

  11. disambung yah…
    tadi tiba2 bos dateng..so gua cepet2 klik submit n close heheheheheeh

    eniho…kesibukan tu bisa bikin lu lupa akan rasa frustasi lu…(itu nilai positif yang gua ambil)
    bisa dibilang tu juga tempat pelarian buat lu…
    hm….tapi entah di lu gimana yah…
    klo gua tu…daripada diem, mending gua bingung karena jadwal gua terlalu penuh…hehehehehe
    juga…kan bisa nambah2 pengetahuan lu gitu…
    yah cari ja kegiatan yang lu anggap bner2 okey n pas buat lu…
    karoke anyone??
    hehehehehehehehehehhe

  12. @liongson : gw jadi merasa lo mendukung penuh aktifitas karaoke gw .. terbukti kan kalo gw ga aneh, gw kan mencari kesibukan demi menghilangkan stress haha ..

    tapi emang bener kok, kalo di jakarta gw nyari kesibukan dengan keluyuran sampe pagi bareng temen2 gw, kalo ga pelariannya ke piano gw tercinta. sayangnya disini ga bisa keluyuran sampe pagi walaupun ada temen, dan gw harus pisah ranjang sama piano gw. dan gw benci film jepang, anime, komik2 baru, tv jepang, musik jepang, dll, jadi ga bisa pelarian dengan ke perpus, nonton tv, dll .. tapi berhubung dikaraoke gw bisa bebas ngerokok, minum2, makan, sambil nyanyi2 lagu inggris kayak orang bego, ya gw milih karaoke lah .. haha

  13. Yahhhh gw juga merasa sepi banget sih.
    Dulu waktu pertama kan mikirnya pasti bisa cari temen orang jepang ato gimana gitu. Pada kenyataannya orang jepang tu bener2 sungkan sama kita (gaikokujin) gitu.
    Gw udah nomikai 3-4 kali dan dari semua pengalaman itu yang ngajain gw ngomong tu cuma:
    1. petinggi gw di kantor
    2. cewek2 di kantor, serius di sini cewek bener2 lebih enak diajakin ngomong, luwes banget

    selain itu di tempat gw banyak juga yang muda2 gitu tapi ga enak banget kalo diajakin ngomong. Disapa ato diajak ngomong juga sekedar 1x bales abis itu diem, lama2 sini juga males cari bahan pembicaraan. gw ga isa bayangin kalo kerja di perusahaan gede gimana tuh dicuekinnya.

    Terus gw juga ga pernah liat tuh yang namanya ngobrol sama tetangga sebelah dll. Jadi begitu masuk rumah udah kaya LP Cipinang aja ga kuar2 dan kaya ga ada aktifitas gitu >.<

    Gw kadang2 ngira, apa karena bahasa jepang masih kagok makanya ga ada yang mau ngajakin ngomong…. mungkin ada pengaruhnya di bidang itu juga kali ya ….

    yahhh tabah aja lah van, gw sih berusaha enjoy di sini (gila enjoy aja pake usaha).

    @rendyharahap : di sini ada cote de azure juga, dulu jam 2 siang – 8 malem(6jam) = 1200an !!! ayo sini nyanyi sampe puas kekekekekke , gw kalo ga yang begadang ga puas nih! kekekekkeke

    • tambahan nih, cote de azur itu kita order dari jam 2 sampe jam 9 loh, jadi harusnya 7 jam, cuma ga kuat aja😛. udah gitu 1200 itu termasuk nomihoudai loh. heheheh

  14. Addition, walopun ga 6 jem, ada tempat yang namanya USA Land, tempat asobihoudai, 3 jem, 1000 yen. Di situ, bisa karaoke, dart, bilyar, game, pijet2 listrik, maen futsal, dll, dll.

    Ada juga tempat penitipan anak, jadi jika ada yang masa kecilnya kurang bahagia, bisa membahagiakan diri di situ, banyak boneka, film2 Tom & Jerry, dll

  15. Gile…..

    Gak peduli di Kanagawa atau Shizuoka pada karaoke-an mulu……

    *Cuma gw yg sampai sekarang blom karaoke sama sekali –> RECORD*

    Ntar kalau ada liburan agak panjang dan ga ada urusan lain gw mampir tempat kalian berdua deh. O-jama shitai no dakara, heya o chirakashite mo ii ka na….

  16. wakakakak bilang2 ya kalo mao dateng ,tar kita jemput di stasiun ohohohoho

  17. “pernah didatengin orang nawarin Inet yg ngelongok2 dalem rumah gt… padahal g dah blg g udh nyambung inet. ” << damn.. agak2 berbau kerjaan gue sekarang… wakakakaka

  18. @rendy : iya deh ditahan2in yah, gk enak jg harus dinikmatin. cm g ms gk mau jatuh ke levelmu ampe karaoke sendiri ren wkwkkkw.
    di rumah aja sendiri..

    @leo: ini orang ntt le. jd provider besar jg pake door to door ternyata.

  19. hikmah dr post kali ini: teman2 semua pada baek2 yah.. pada kasih tau pengalaman sendiri, saran2 (sampe iklan2 karaoke pula)… itu semua supaya you feel better. ain’t that great

    “yokattana..” to omowanai? ^^


Leave a Reply

Categories

