Posted by: rialam | May 23, 2009

sedikit glitch dari penghitungan gaji??!

hari ini SUPER gak ada kerjaan… sampe2 iseng compare slip gaji gw sama gyoumu shinchoku houkoku… dan ternyata gw menemukan sesuatu (bener enggaknya cek sendiri tapi yah, gw gak yakin banget jg.. otak gw lg rada angus).. ini sedikit menguntungkan buat yg kerja di the blasted F & punya sistem flex time kyk gw.

yg dimaksud flex time, kita terserah mo masuk jam brp asal 1hr 8 jam, gk harus masuk jam 9 pulang jam 6. kalo kasus gw, sistemnya lebih flex lagi.. itungannya bukan per hari tapi per bulan.

contohnya, kalo bln ini ada 20 hari kerja, kan jam kerjanya harusnya 20×8=160jam.. di tempat gw, mo hari ini masuk cuman 2 jam, bsk masuk 10 jam kek bodo amat, asal total 1 bln 160jam.. loe chousei sendiri deh seenak jidat (tp gk boleh sampe 1 hari gk masuk sm sekali seh..)

nah.. masalahnya, si F ini nih itung zangyou jikannya per hari, bkn per bulan.. dari sini gw jelasin pake contoh deh, lebih gampang dimengerti..

pertama2, mari kita anggap kita perjam dibayar 1000y & kalo zangyou 1500y… (ini asumsi gw yah.. gw gk tau mrk bayar flat per hari ato per jam, makanya gw jg gak tau itungan gw bener gak)

kasus 1: 10am-19pm, 1 day 8hr
(karena pagi telat 1 jam, sorenya pulang 1 jam telat buat bayar jam yg kurang)

by right ini diitung 1 jam telat & 1 jam lembur.
proper counting: 7 normal hr + 1hr overtime, 7000+1500=8500y.
F counting: asal 1 hari 8 jam gk dianggap lembur, jadi tetep 8000y.
Jadi total kerja 8 jam = 8000y (16 jam = 16,000y)

so far sampe sini oke yah… nah, coba kalo kasus 2.

kasus 2: hari #1 10am-6pm, hari #2 9am-7pm, 2days 16hr
(bayar jam kurangnya di hari yg berbeda)

F counting: hari #1 7 normal hr = 7000y
hari #2 8 normal hr + 1hr overtime, 8000+1500=9500y.
Jadi total kerja 16 jam = 16,500y <– that’s 500y extra.

nah.. coba lebih hageshii lagi (kyk gw)..

kasus 3: hari #1 7am-8pm, hari #2 10am-3pm, 2days 16hr
(ceritanya lg ngejar deadline, trus besok ngaso)

F counting: hari #1 8 normal hr + 4hr overtime, 8000+6000=14,000y
hari #2 4 normal hour, 4000y
Jadi total kerja 16jam = 18,000y <– that’s 2000y extra.

now… try doing that often, lol.. tp yah, gk enak jg seh jam kerjanya hageshii kyk gt..


Responses

  1. ooo kalo lembur per jam nya beda 500 yah…

    hmmm lemayan bisa utk tambahan buat beli sarapan bsok pagi…

  2. gk tau seh.. kan itu cuman asumsi :p
    seharusnya seh per jam kita normal diatas 1rb deh… dan jam lembur jg keknya diatas 1500 deh.. gk tau juga..

    • Lembur tuh sebenernya disuruh bos ato gak sih?
      Di sini gw belom pernah lembur sih soalnya takut dimarahin si bos >.<
      Kalo kebanyakan lembur bisa dikira prestasinya ga bagus soalnya…

  3. Si markus jg kmrn dah ngitung2 gitu…
    Dia akhirnya bilang duitnya jadi dapet lebih~

    Tapi krn dia itungan tutup bulannya tu agak beda antara fct ama hakensaki, entah jadinya bulan berikut kalo ga zangyou jadi minus ato engga, ga ngerti tuh…[notes duit zangyou dibayar di bulan berikut]

    Klo pny gw zangyou untung gede di dia hikz…adanya duit yg gw terima dari hakensaki yg di minus >_<

    Ada flex jg sih dikantor gw…kadang gw pake kalo pas telat huehehe jarang2x soalnya sayang klo dituker ama duit lembur~

  4. kasus 1: itu jam kerja gw hahaha.

    walaupun perusahaan ini enak,tp ga zangyou seidou. gw wkt itu pulang jam setengah 9 (ke fujigaoka) jg ga ada tambahan hahaha

  5. shunchan kok bisa online??

  6. dari kantor dong


Leave a Reply

Categories

