Posted by: adidotz | June 10, 2009

Trekking – Yatsugatake Mt. Oi

Tanggal 6 bulan 6 kemarin, g menghabiskan waktu naik gunung sama orang2 kantor. Beberapa minggu sebelumnya salah satu leader divisi di kantor nawarin buat naik gunung. Gara2 g ikut naik sepeda ngelilingin satu danau, terus diajakin. Agak bingung sih awalnya, soalnya nama klub nya itu harusnya rikujoubu (陸上部), tapi ternyata naik sepeda (チャリンコ・サイクリング), maraton, sama naik gunung (登山). yah, karena ga ada kerjaan akhir minggu, coba2 ikut deh. pertama kali naik gunung seumur hidup. Walau g ga punya peralatan naik gunung, tapi ada leader divisi project g yang baik banget, dia juga dulu naik sepeda bareng. Dia minjemin tas naik gunung (ザック), sepatu gunung (登山靴), light spats, kappa atau jas hujan, sama rain cover tas segala. pokoknya komplit tinggal bawa d. hehehe….

From 「2009−06−06」Trekking – Yatsugatake Mt. Oi

Gunung yang bakal kita naikin itu namanya Yatsugatake (八ヶ岳) atau 8 gunung. yah, ga semua bakal dinaikin sih, tapi setidaknya ke salah satu puncaknya. Perjalanan dari Hamamatsu sampe titik awal naik gunung itu sktr 4 – 5 jam lewat Toumei kousoku douro (東名高速道路) atau Toumei Highway. Ga tau awalnya dari mana, tapi lagi ada diskon (割引) buat pengguna jalan, jadi biaya sampe tempat tujuan itu jadi cuma 1000yen. hehehe…lucky ~~
Before heading towards unknown territory.

Setelah berjalan sktr 1.5 jam dari titik awal, kita sampai di tmpt nginap buat malam itu. Di Yatsugatake atau di gunung2 di Jepang, sepertinya pasti ada gubug gitu, well….you can’t say gubug…. Dalam bahasa Jepang nya sih yamagoya (山小屋), dan tempat yang bakal g diemin itu namanya ohren goya (オーレン小屋). Sampai sekarang kadang g masih bingung harus nulis dobel o dalam bahasa latin itu dengan ‘oh’ atau ‘oo’ atau ‘o-‘. Well. it’s not a ‘gubug’ for sure.

Cukup lebar kan? Ini cuma satu sisi doank. Di ruangan yang ada karpetnya itu tempat g tidur. Pake futon saudara2! Pake FUTON! dan tidak hanya 1 lapis, shikibuton (敷き布団) nya 3 lapis, dan kakebuton (掛け布団) nya 2 lapis. mantap kan. Buang jauh2 bayangan gubug tua kumuh, tempat dulu HILET bagi mereka anak2 HIMTI yang berniat jadi aktivis.😀


They even got ofuro! But you can’t use soap, detergent, shampoo or that kind. Green ! People. Save the Earth…kalo kata National Geographic. Yep, salah satu manner di gunung sini adalah tidak boleh memakai sabun, shampoo, atau bahan2 untuk mencuci lainnya. tapi hal yang bikin bingung, kenapa boleh gosok gigi?


Ini jalan setapak yang digunakan buat mendaki ke atas. Yep, masih ada es tertinggal disana. Salju atau es….errrr….lebih mirip es serut ketimbang salju buat g.


Yuki daruma (雪だるま) got himself a decent dolphin. Created by my leader.


Yep, malamnya ada matsuri disni. chou raki- ~~. Jadi di minggu pertama bulan 6, itu sepertinya ada perayaan awal musim naik gunung. jadi di ohren goya ini diadain perayaan makan2 buat tamu2 nya. hehehehe….


All for 8500yen a night. expensive? perhaps. but i prefer this as cheap. Having sushi, deer’s meet, koi fish, leaf tempura and pineapple is something that i could refer as grande. hohohhoho


Menurut kata2 pendaki disini, rata pendaki gunung di jepang itu berusia 60 tahun keatas. Indonesia? hehehe.. mereka bawa carrier sendiri, bahkan ada yang bawa tripod segala. padahal g aja ga bawa waktu itu. Mereka katanya sih udah pensiun, jadi ga ada kerjaan. Denger2 mereka bulan 7 mau ke nepal buat nepal sai (ネパル祭).


The next day, just before the peak.


View from the peak. It was really2 nice. 2760m above sea level guys.😀


Ohren goya from above. so small….


Lupa nama puncaknya apa, tapi heboh banget liat pemandangan dari sini. hehehhe


Ini anjing ngikut majikannya naik sampe puncak. tapi g baru sempet foto bener2 pas dibawah. diatas cuma dikasih pantat doank soale.😛


Dapet sesuatu yang g lupa namanya dari nenek2 baik hati. Nenek2 ini ternyata selidik punya selidik pernah ke Kinibalu, terus karena dia ngasih snack ini, g kasih tau deh, kalo mau naik, ke Jayawijaya aja, ada salju abadi. Dia dengan semangat berusaha menghafalkan namanya gara2 kagak ada notebook disitu. Untungnya kakek2 temennya itu tahu jayawijaya itu ada di papua. Beberapa hari kemudian g baru tau kalo mau ke Jayawijaya harus bayar sktr 90 juta rupiah ke Freeport, dan kalo mau lewat jalan lain, ada sih ada, tapi tidak dijamin kembali dengan selamat. Ini pengakuan temen g yang udah pengalaman mendaki. Kalo nenek2 jepang ilang di papua, gimana ya….


Well, last but not least, view from the peak.

Buat foto2 lainnya bisa dilihat di picasa g.
Belum semua g upload dan ga semua bakal g upload, secara g juga rada males buat edit pake kamar terang atau sotosop. Btw, rencana ke fuji-san (bukan fuji yama ya saudara2. gunung fuji itu bahasa jepangnya fuji san, dan bukan fuji yama) gimana? Natsu yasumi tahun ini mau naik?


Responses

  1. Wah, pemandangannya bagus…!!

  2. musim panas ke gunung fuji? ckckck…
    minta pendapat dari rendy dkk deh… hihihi..

    wong gersang waeee…apaa yg mau diliat di sono..
    kecuali sunrise nya.. which is menurut gw sama aja kaya di bromo… wakakaka…

    • kan paling nggak udah pernah ke gunung fuji. hehe…wong leader g aja udah 5 kali naik gunung fuji😛. kemarin malah smpt ngajak naik sepeda di gunung fuji. dari stop 1-5 katanya bisa. hehehe

  3. keknya perlu baca postingan rendy ttg gunung fuji…

    Gw ayok aja klo ada yg mau bayarin transport~ ntar gw tunggu di onsen aja.

    Tapi gw males klo harus bersihin pasir di idung ama mulut buuueehhhhh….

    • hohoh…soal postingan rendy g belum baca, tapi udah pernah konsultasi sama rendy, termasuk soal sepatunya yang berhasil survive setelah turun gunung fuji, dan dimasukkan di mesin cuci ryou fujigaoka. hehehe…

      tetep aja pengen nih, paling ga kudu naik. kalo tante inge dan tante ellen kan emang udah pernah naik jadi udah tau rasanya, saya juga mau tante, merasakan penderitaan naik gunung fuji. ehhehe

      • saya juga mau tante, merasakan penderitaan naik gunung fuji. ehhehe

        wah wah wah…. gejala2 M nih. Selama di gunung lo diapain mereka ko bisa jadi ketagihan gitu???

  4. mau mau mau!!
    trus onsen…trus fuji kyuu…

    waktu tu dah sempet mikir perencanaan dalam waktu sempitnya…
    gimana klo kita nginep di sana…
    jadi hari pertama tu kita ke fujikyuu dulu..
    hari ke dua baru nanjak deh…

    knapa jadwalnya begitu…?
    tu karena kesan “fuji gak ada apa2” dah kuat banget…
    bahkan senpai2 tachi aja gak punya “nyali” buat ndaki lagi ehehehhehee
    so…mending daripada tenaga kita abis percuma hanya karena kotor2an di fuji…
    tenaga penuh kita dipake buat maen di fujikyuu…
    besoknya kita mo nanjak hayu…ga sampe puncak hayu…onsen hayu…bengong juga hayu…apalagi karoke (pasti ada tenaga ekstra) hahahahahhahaha

    gua di ceritain rendy…ada pepatah di jpn yang mengatakan:
    orang bodoh itu ada 2…
    1 yang belum pernah naik gunung fuji
    2 yang naik gunung fuji lebih dari 1 kali…

    katanya itu bneran pepatah asli lho…entah boong ato bukan ahhahahahahah

    • kalo mau yang lebih asik mon, kita sampe pagi, main dulu, terus istrht bentar, onsen boleh, apa juga boleh, abis itu kan subuh mulai mendaki tuh, udah sampe puncak, turun, masuk onsen lagi😛. hehehehe

  5. btw di…lu jadinya gabung ke grup gua ato rendy sih??
    pecinta anak kecil ato pecinta nenek2??
    ayo putuskan hahahahhahah

    • ancur! sejak kapan g gabung ke klub rendy? mending g gabung klub lo mon. btw, kalo lo liat picasa g, lo bakal menemukan satu foto anak kecil cewe. lucu, jadi g foto. dari belakang sih. hehehe

  6. wow keren2 pemandangannya….

    wekekeke parah nyuruh nenek2 naik jayawijaya..

    • lah, si neneknya aja udah pernah naik kinibalu, jayawijaya beda dikit lah. heheheh.

  7. ngileerr!! >_<

    • eitss cepetan dilap bu, entar meleleh yukidaruma-nya ehehehehe.

      @lolimon:
      Kira2 kalo mendaki gitu butuh biaya berapa untuk peralatan dll? ga mungkin kan cuma pake celana kolor wakakkakakka. Kalo rame2 sih gw ok2 aja ehehehehe

  8. wakwakwkakawwka, gw ngebayangin kalo si nenek bener2 ngedaki jayawijaya sendirian. ati2 ketemu sama suku kutumbaba ntar disana. postingan lo gw save ah di, biar kalo ada kasus nenek2 menghilang di jayawijaya bisa gw kirimin sbg bukti ke roy suryo

    wah di, lo curang nyolong start dari anak2 batch 2, mustinya kan lo ga boleh pemanasan dulu sblm ke fuji, skarang lo udah ga akan ngerasa terlalu berat deh utk nanjak fuji ..

    @saRIMIN atau REMONyet : kita bukannya ga punya nyali utk naik kedua kalinya ke gunung fuji mon, tapi kita adalah orang2 yang berpikir, jadi ga akan naik untuk kedua kalinya hahahaha … kita ga termasuk golongan orang bego. maap bukannya sombong, tapi sedikit angkuh

    hei2, siapa ini yang menfitnah nama saya disini, lagi2 yang menemukan kasus pembunuhan karakter terhadap diri saya. siapa yang bilang saya suka nenek2? at least gw ga ngaku kayak remon lah, akhirnya lo ngebuat pernyataannya juga kalo lo “suka” anak kecil. ditambah lagi si adi yang agak “nakal”, karena selalu ngambil anak kecil dari “belakang” .. wah gawat hahaha

    • waduh, bahaya…tau gt g bikin id baru aja kali ya. biar jadi anonim. :P/ wekekeke….kalo nenek2 nya bukan orang jepang, gpp dunk😛.

      ancur, sndr juga melakukan pembunuhan karakter g nih rend. g tidak “nakal”, tapi sdkt nakal ajah. terus g suka ambil dari depan juga kok. kagak dari belakang doank. ini kebetulan aja anaknya agak pemalu, dan ga ada kesempatan dari depan😛.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: