Posted by: iwanbudi | November 12, 2009

Recehannnnn……

Waktu sampai di Jepang , satu hal yang membuat gw bingung adalah UANG RECEH!!!

Di Indonesia uang receh yang paling sering digunakan itu:

1000, 500, dan 100(buat parkir, permen), 50 (gak tahu buat apa), 25 (udah jarang banget, buat kerokan masuk angin juga bisa).

Jadi secara umum yang paling sering digunakan adalah 1000 dan 500, sisanya uang kertas.

Di Jepang cukup berbeda, di Jepang kita bisa menemukan:

1,5,10,50,100,500.

Dan hampir semuanya…. sering dipake!!!

Kenapa kok bisa gitu? di Jepang kita bakal menemukan harga

82円,514円,dst… karena harganya ganjil2 gitu, kita bisa pake semua tipe ;P

Kalo di Indonesia kan sering tuh ada barang harganya ganjil 1840. Terus? ga bakal ada kembaliannya, alias harga asli 1900!!! Curang kan?? ehehehhee

Waktu pertama beli barang di Jepang, aku hampir ga pernah ngeluarin 1,10,5,50 yen karena kebiasaan di Indonesia. Akibatnya menumpuk dah recehan terutama 1 yen >.<, akibatnya mau ke mana2 jadi beratnya minta ampun.Apalagi warna 1,50,100 yen hampir sama2 gitu >.<…. waktu di kasir jadi lama nyarinya dan akhirnya makin jarang kepake dahhh……

Bagi yang berencana pergi2 ke Jepang harap siap2 dengan recehan sini. karena banyak barang yang bisa dibeli dengan recehan mulai dari tiket kereta sampai makan siang🙂

Belajar untuk mulai menghargai hal kecil seperti recehan ^^


Responses

  1. wah itu khan Go Dama yg dikasih ama mamanya leo yg tercinta itu khan :))
    kirain udah jadi duit langka heheh😛

    wah masih berlaku yah disana, 1 yen juga… ckckck…

  2. ahahahah masih laku.
    Tapi 1,5,dan 10 yen itu cuma berlaku sebagai pelengkap. Kita nggak bisa beli barang dengan harga segitu.
    Minimal itu 50 yen baru bisa beli barang. (sebagai referensi,Mie mentah di supermarket deket tempat gw = 38 yen)

    Yang jarang banget didapet itu 500 Yen ehehehehhe.

    Yang seringkali keliru itu antara 1 yen dan 100 yen, kalo tempat gelap sering keliru😛 (bahaya kali >.<)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: