Posted by: idJoe™ | September 13, 2010

Indonesian things that exist only in Japan

Tahukah Anda bahwa Hoka-hoka Bento tidak ada di Jepang? Mungkin itu adalah hal yang biasa. Banyak hal-hal yang “berbau” Jepang di Indonesia sebenarnya di negeri matahari terbit tidak ada. Sebaliknya juga, ada hal-hal bernuansa Indonesia di Jepang, yang bahkan tidak kita kenal di Indonesia. Perhatikan beberapa contoh berikut:

1. Bali Spa
Apa yang terbayang dalam pikiran Anda kalau mendengar kata “Bali spa”? Tempat massage, lulur, jacuzzy, dan mungkin sauna juga di dalamnya. Dan pastinya ada di bali. Akan tetapi, bagi orang Jepang yang tinggal di daerah Saitama, yang terbayang dalam pikiran mereka adalah “ONSEN”. Ya, ada onsen (kasarnya: pemandian air panas) di kota Kawaguchi, Pref. Saitama yang menggunakan nama Bali Spa, Onsen dengan suasana tropis. Pertanyaannya adalah: Apakah ada di antara para pembaca yang pergi ke onsen di Bali? Kalau ada, silakan berkomentar, dan kalau perlu jangan lupa sertakan URL-nya.

Kawaguchi Bali Spa (http://www.yamatonoyu.co.jp/news/open_guide/open_info.htm)

2. Java Tea
Ada yang pernah dengar Teh Jawa? Kopi Jawa banyak dikenal di negara-negara barat. Bahkan bahasa pemrograman Java memperoleh namanya dari kopi Jawa. Dalam bahasa Inggris kita sering mendengar ungkapan “a cup of java”, yang artinya “secangkir kopi (jawa)”. Sedangkan teh jawa, yang banyak ditemukan di vending machine di daerah Tokyo dan sekitarnya tidak pernah kita kenal. Perkebunan teh memang banyak di pulau Jawa, terutama Bogor. Tapi kita tidak pernah mengenal produk yang namanya Teh Jawa. Kalau Anda mau iseng-iseng riset di internet, Anda akan menemukan fakta yang cukup menarik, bahwa ada tumbuhan yang dikenal dalam bahasa inggris sebagai Java Tea, dan dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai tanaman kumis kucing!

Java Tea (http://misaikucing.tripod.com/)

3. Batavia Beer
Sebutkan bir yang Anda kenal di Indonesia: Bir Bintang, Anker Bir, Heineken, Guiness, Bali Hai. Pernah dengar yang namanya Batavia Beer? Kalau ada silakan acungkan jari. Bir ini memang produksi Indonesia, diproduksi oleh perusahaan yang mebuat Anker bir juga. Tapi manakah yang lebih Anda kenal? Anker, Bintang, atau Batavia beer? Saya taunya Batavia Air ….
Batavia Beer (http://www.surabaya.jp/menu/drink.html)

4. Kedutaan Besar Indonesia di Jepang
Hehe. Kalau ada kedutaan besar Indonesia di Jakarta, itu adalah hal yang patut dipertanyakan…..

Sekian dulu.


Responses

  1. Tambah satu lagi!!! Java Kare!!!
    Sejak kapan di Jawa ada kare??? xixixixiixi

  2. Anda lagi chou hima ya, Mr. Gunawan? heh heh heh

  3. eh kare indo tuh bukan kare jawa ya?
    kalo gak drmana donk?
    well bukan kare sih.. kari ayam

  4. Ada juga berbagai macam jenis rokok gudang garam yg ga ada di indonesia. Hahaha. Oh iya, selain di surabaya resto, saya juga pernah liat batavia beer di resto cabe

  5. kalo ga salah ada juga pelawak di TV jepang asal indonesia namanya yopi kalo ga salah. Di indonesia gada yg tau dan bukan pelawak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: